JAKARTA - Presiden Joko Widodo kembali mengingatkan akan ancaman-ancaman terhadap bangsa, baik yang datangnya dari luar negeri maupun dari dalam negeri.

Maka dengan kondisi seperti itu, stabilitas di dalam negeri juga harus bisa dijaga dengan baik. "Kita harus waspada terhadap rongrongan dari dalam," kata Presiden Jokowi dalam sambutannya, di Pelabuhan Indah Kiat, Cilegon Banten, Kamis (5/10).

Presiden Jokowi menyebutkan, akan bahaya dan ancaman nyata di bidang budaya dan ekonomi. Pada perdagangan bebas, dan perkembangan teknologi yang sangat cepat.

Maka, lanjut Presiden, tidak ada jalan lain untuk bergegas membangun fondasi ekonomi nasional Indonesia. Fondasi ekonomi yang kuat, butuh stabilitas politik. Sehingga tumbuh kepercayaan masyarakat internasional terhadap negara. Keamanan sekecil apapun, harus diperhatikan. Karena keterbukaan informasi yang pesat.

Oleh sebab itu, Presiden menekankan tidak ada jalan lain untuk membangun fondasi ekonomi adalah dengan memberi kesan bahwa Indonesia adalah negara yang stabil. Untuk itu, peran TNI sangat diperlukan.

"Sinergi antara TNI dengan institusi lain dan pemerintahan dan dengan seluruh komponen anak bangsa adalah mutlak, adalah wajib untuk dijaga dan ditingkatkan," katanya. ***