SERDANG BEDAGAI – Ratusan warga dari beberapa kecamatan di Kabupaten Sergai nonton bareng pemutaran film G30S/PKI, Kamis (28/9/2017) malam di aula dan halaman kantor Dinas Pendidikan Sergai.

Nonton bareng yang dihadiri Wakil Bupati Sergai Darma Wijaya, turut dihadiri pula Kadis Pendidikan, Joni Walker Manik, Kabag Kesra Sudarno Darwis, Kapolsek Sei Rampah AKP Enda Tarigan, Dan Ramil 09/SR, Danramil 10/TB, Danramil 11/TM para camat, tokoh masyarakat, Ormas, OKP dan ratusan masyarakat.

Danramil 10/SR, Kapten Art Liston Situmeang menjelaskan, nonton bareng film G30S/PKI ini dalam rangka mengingat masa kelam yang dialami bangsa Indonesia dengan terbunuhnya beberapa Jenderal.

“Nobar kita lakukan dengan menggunakan layar tancap di halaman kantor Disdik ini agar masyarakat bisa leluasa melihat,” terangnya.

Dikatakannya, maksud pemutaran film G30S/PKI tersebut agar para generasi muda yang belum mengetahui sejarah pemberontakan PKI menjadi tahu.

"Sebagian besar sudah beberapa kali nonton film G30S/PKI, tapi malam ini mereka kembali antusias menyaksikannya,” terang Kapten Liston.

Agus warga Sei Rampah mengatakan, dirinya kembali nonton film G30S/PKI disebabkan ingin melihat kembali kekejian yang dilakukan PKI terhadap para jenderal.

“Kiranya film ini menjadi ilmu bagi para generasi muda sebagai penerus bangsa dalam melihat masa kelam Indonesia tahun 1965," ujarnya.