JAKARTA - Pada Pemilu 2019 mendatang, Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura) menargetkan menjadi partai papan atas. Partai yang dinahkodai Oesman Sapta Odang (OSO) ini bertekad menjadi partai nomor tiga di Indonesia.

Lalu apa kiat Ketua DPD RI itu menjadikan Partai Hanura sebagai partai kelas atas?

Saat membuka Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) I Partai Hanura di Hotel Ratu, Serang, Banten, Selasa (26/9/2017), OSO mengatakan,  kunci Partai Hanura menjadi tiga besar adalah kerja sama.

“Target tiga besar pada Pemilu 2019 dapat dicapai melalui kerja sama. Kita harus saling bergandengan tangan, bekerja keras secara bersama. Target ini mengikat semua kader tanpa kecuali,” kata OSO yang disambut tepukan tangan meriah para peserta rakornas.

Dikatakannya, dalam sebuah partai politik, yang terpenting adalah adanya kader. Menjadi kader artinya dia siap diperintah dan siap bekerja keras.

 "Tanpa kader, tidak ada partai,” ucapnya.

Dalam kesempatan itu juga, OSO mengingatkan para kader partai agar mencintai partai sendiri dan tidak bangga dengan partai yang lain.

"Jangan diperjualbelikan partai ini di daerah. Kalian dipilih untuk menyejahterakan rakyat, bukan untuk kekayaan diri sendiri,” ujarnya.

Menang Pilkada

Sementara itu, Sekjen Partai Hanura, Sariffudin Suding  mengatakan, saat ini ada kenaikan tren dukungan pemilih kepada Partai Hanura dalam jumlah yang signifikan.

Pada 2015, kata dia, dukungan kepada Partai Hanura hanya sekitar 35%, pada tahun 2016 naik menjadi 63% dan tahun 2017 target dukungan bisa lebih tinggi lagi.

“Ada tren kenaikan dukungan terhadap Partai Hanura akhir-akhir ini. Karena itu, kami targetkan 70%  Partai Hanura akan memenangkan Pilkada 2018,” kata dia.

Dalam kesempatan yang sama, Wakil Ketua Umum Partai Hanura, Gede Pasek Suardika menyampaikan bahwa rakornas ini untuk membangun konsolidasi partai menghadapi Pemilu 2019.

“Jadi Rakornas ini sekaligus menguji kesiapan masing-masing kader, terutama DPD Partai Hanura seluruh Indonesia,” katanya.

Rakornas yang pertama pada 2017 ini mengambil tema “Sukseskan Verifikasi KPU Bagian Strategi Pemenangan Partai HanuraMenuju 3 Besar Pada Pemilu 2019". ***