DEMI menuju pintu kesuksesan, generasi muda dituntut meningkatkan kualitas diri agar mampu bersaing. Apalagi seperti di zaman modern nan digital seperti saat ini. Berkat kualitas dan keuletan itu pula yang mengantarkan Baikandi Ladomi Harahap (25) bisa meraih apa yang diinginkannya.

"Alhamdulillah, berkat bimbingan kedua orangtua, saya bisa seperti ini," ungkap pengusaha jasa percetakan ini membuka cerita, Rabu (27/9/2017).

Meski saat ini sudah menjadi bos, namun warga Jalan Padang Pasir, Kelurahan Sioldengan, Kecamatan Rantau Utara ini, selalu menjadikan karyawannya sebagai teman yang selalu memberikan kebebasan karyawannya dalam berkarya.

"Kuncinya, karyawan itu harus kita berikan kebebasan dalam berkarya dan jadikan mereka (sebagai) teman," aku pria yang menyelesaikan pendidikan di Institute Teknik Jerman, Kota Darmstadt.

Tak hanya mengelola percetakan saja, dirinya juga konsen meng-up-cycle bahan bekas. Seperti ban bekas yang dikelola menjadi sofa, baju bekas yang dikelola menjadi bantal, dan triplek bekas yang dimanfaatkan menjadi sketsa foto.

"Ini contoh produk yang saat ini masih dirintis demi mempekerjakan kawan-kawan yang mempunyai kemampuan dalam bidang tertentu," ujarnya.

Untuk memotivasi generasi muda, pria berlesung pipit ini pun memberikan sejumlah tips.

"Punya niat dan keinginan kuat, memiliki impian sukses, punya tujuan sukses, tentukan jangka waktu sukses Anda, buat dan miliki strategi sukses, tingkatkan kapasitas diri, action, result atau terima hasil kenyataan, evaluasi, beri nilai, banyak bergaul dan bertanya kepada orang sukses," jelasnya.

"Jangan izinkan diri Anda menjadi gagal di usia muda. Bekerjalah atau buatlah pekerjaan dan pekerjakan diri Anda. Berdoa dan bertawakalah kepada Tuhan yang Maha Esa. Karena apapun usaha kita jika Tuhan tidak menghendaki, maka apalah daya kita sebagai makhluk lemah," tutupnya.