PADANGSIDIMPUAN - Dua pegawai dan pemilik rumah makan nasi Padang yang berlokasi di Jalan Sudirman terpaksa dievakuasi ke IGD RSUD Kota Padangsidimpuan, Senin (25/09/2017) pagi tadi. Ketiganya harus menjalani perawatan intensif karena mengalami luka bakar usai tabung gas ukuran 3 kilogram meledak dan menghanguskan rumah makan yang berada persis di samping tugu yang menjadi ikon Kota Padangsidimpuan.

Kasat Reskrim Polres Kota Padangsidimpuan, AKP Zul Efendi mengatakan, dugaan sementara kebakaran akibat meledaknya tabung gas ukuran 3 kg.

Berdasarkan informasi yang diterima, ketiga korban yang mengalami luka bakar yakni Alfenda (23) Dan Nur Afifa (19), keduanya merupakan warga Jalan Imam bonjol, Gang Bengkel, Kelurahan Aek Tampang, Kecamatan Padangsidimpuan Selatan, Kota Padangsidimpuan, dan masih mendapat perwatan di RSUD Kota Padangsidimpuan.

Sementara itu, pemilik rumah makan nasi Padang, Jam Jami (65), warga Perintis Kemerdekaan, Perumahan Geriya Serina, Kelurahan Padangmatinggi, Kecamatan Padangsidimpuan Selatan, Kota Padangsidimpuan, sudah diperbolehkan pulang karena cuma mengalami luka bakar sedikit di bagian tangan.

Seorang pengunjung rumah makan, Mawar Harahap (28) yang menjadi saksi di TKP menceritakan, sekira pukul 08.30 salah satu karyawan sedang mengganti dan memasang gas 3 kg yang sudah habis. Diduga karyawan tersebut lupa menutup katup gas sehingga terjadinya kebocoran gas hingga memenuhi dapur tempat korban memasak.

"Pada saat korban menyalakan kompor yang satu lagi, tiba-tiba api muncul menyambar gas yang sebelumnya sudah menyengat memenuhi semua ruangan dapur dan tabung gas pun meledak," ungkapnya.