JAKARTA - Keputusan sidang OCA Executive Board ke-70 yang berlangsung di Asghabat, Turkmenistan, 18-20 September 2017 menetapkan bahwa Asian Games 2018 Jakarta Palembang akan mementaskan 40 cabang olahraga diyakini tidak akan menambah biaya penyelenggaraan serta membebankan Indonesia sebagai tuan rumah.

Pasalnya untuk penyelenggaraan pertandingan satu cabang tambahan, yakni RollerSport (skateboarding dan roller skate) di pesta olahraga bangsa Asia ke-18 yang akan berlangsung tahun depan, akan sepenuhnya ditanggung oleh federasi internasional cabang olahraga ini. Baik itu Confederation of Asia Roller Sports (CARS) atau International Roller Sports Federation (FIRS) dan juga Asian Skateboarding Federation (ASF) atau International Skateboarding Federation (ISF).

Sebelumnya, Indonesia datang ke Ashgabat dengan membawa proposal berisi 39 cabang olahraga yang juga sudah di sepakati sebelumnya oleh OCA pada bulan April 2017.

Tim INASGOC dan Komite Olimpiade Indonesia (KOI) yang hadir di Ashgabat terdiri dari Sekjen INASGOC, Eris Herryanto dan Ketua Komite Eksekutif KOI Bidang Sports Development, Harry Warganegara yang juga wakil sekjen INASGOC.

"Saat sidang OCA Executive Board itu, tim INASGOC sudah menyampaikan concern utama pada efektifitas biaya sesuai arahan Pengarah Asian Games, sehingga di awal tetap mengajukan 39 cabang olahraga.

Hanya saja, OCA punya pertimbangan sendiri. Dan setelah melihat concern utama dari Indonesia, akhirnya mereka memutuskan akan meminta International Federation nya Rollersport (Skatebording dan Rollerskate) untuk menanggung biaya penyelenggaraan pertandingan serta pembangunan venue nya, Jadi tidak akan membebani Indonesia terlalu banyak," ujar Ketua Pelaksana INASGOC, Erick Thohir, Kamis (20/9/2017).

Ada dua hal yang ditekankan OCA atas penambahan cabang tersebut. Pertama, karena Asian Games merupakan pesta multi cabang terbesar kedua setelah Olimpiade, sementara Sport Discipline Skateboarding akan dimainkan di Olimpiade Tokyo 2020, Kedua, Sport Dicipline Rollerskate atas pertimbangan cabang ini akan dipertandingkan di Youth Olympic 2019 di Buenos Aires, Argentina, maka Asian Games 2018 dianggap sebagai sarana yang tepat untuk mempertandingkan cabang Olimpiade tersebut.

"Jika melihat lebih jauh, OCA tengah mendukung usaha-usaha dari Komite Olimpiade Internasional (IOC) untuk "memudakan" semua ajang multi event dengan memasukkan cabang-cabang untuk generasi muda. Atas pertimbangan itulah, kami harus memberikan mendukung, sebab bagaimanapun juga hal itu menjadi kebanggaan bagi Indonesia karena menjadi bagian penting dari tujuan besar OCA dan IOC," ujar Erick.

Atas keputusan OCA tersebut, Erick menyatakan akan melaporkan hal tersebut kepada Ketua Dewan Pengarah Asian Games 2018, Jusuf Kalla. Selama ini, Jusuf Kalla yang juga Wakil Presiden RI selalu menekankan penghematan di segala sektor dalam penyelenggaraan Asian Games. Termasuk selektif dalam menggelar cabang olahraga yang akan dipertandingkan.

Berkaitan dengan venue untuk cabang tambahan itu, Indonesia sudah memiliki dua arena yang cukup representatif, yakni di Jakabaring Sports City, Palembang yang pernah digunakan untuk SEA Games 2011 dan GOR Saparua Bandung. Keduanya sudah memiliki arena untuk roller sports, dan tinggal membangun skatepark untuk skateboarding.

"Nanti, federasi internasional atau federasi Asia skateboard/ rollersports akan menanyakan kepada Jakarta atau Palembang siapa yang berminat. Mereka akan siap membangunnya," tambah Ketua Umum KOI ini. ***