PADANGSIDIMPUAN - Kodim 0212/TS mengelar berbagai kegiatan bakti sosial seperti donor darah, sunatan massal dan pengobatan gratis yang berlangsung sejak 22-23 September 2017 di RS AD Losung, Kecamatan Padangsidimpuan Utara.

Kegiatan bhakti sosial ini tampak diramaikan masyarakat dengan memadati RS-AD Losung Batu dengan berbagai tujuan. Sebagian besar warga tersebut membawa anak-anaknya untuk ikut sunatan massal, namun tidak sedikit yang juga mendonorkan darah.

Di sela mendonorkan darahnya, Dandim 0212/TS Letkol ARM Azhari, menyampaikan, donor darah bukan hal yang baru baginya. Kebiasaan donor darah tersebut sangat bermamfaat bagi warga yang membutuhkan.

"Donor darah sudah sering, tapi ini sudah lama enggak donor. Disamping membantu (warga yang membutuhkan) ini juga cuci darah,” kata pria yang memiliki golongan darah “B” ini.

Dikatakan, kegiatan bakti sosial ini dilakukan dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT-TNI) yang jatuh pada 5 Oktober.

“Kemudian bakti sosial ini intinya berbagi rasa kalau ada masyarakat yang membutuhkan darah. Kalau ada masyarakat yang tidak mampu berobat, kita bantu gratis termasuk sunatan gratis. Intinya berbagi antara sesama,” pungkas Dandim.

Menurutnya, bakti sosial ini tidak hanya dilakukan bagi warga di Tapanuli Selatan dan Kota Padangsidimpuan saja, akan tetapi juga digelar di Kabupaten Mandailing Natal (Madina), Padanglawas Utara (Paluta) dan Padanglawas (Palas).

"Kegaiatan ini juga dilakukan di Madina, Paluta dan Palas. Kebetulan saja Rumkit ini adanya di Kota Padangsidimpuan sehingga akses bagi warga Tapsel dan Sidimpuan lebih dekat ke sini,” tambahnya.

Secara terpisah, Pasi Intel Kodim 0212/TS, Lettu Inf Zamril, mengatakan, sebelumnya karya bakti gotong royong pembersihan pasar, masjid, Taman Bahagia di Kota Padangsidimpuan dan makam pahlawan di Sipirok juga dilakukan dalam rangka memperingati HUT-TNI ke 72.

“Untuk hari ini kegiatan baksos antara lain donor darah sunat massal dan pengobatan massal. Sosialisasi dilakukan melalui babinsa. Pesertanya bebas, boleh dari TNI, Polri dan masyarakat,” katanya.