LABUHANBATU - Untuk meningkatkan minat baca dan minat menulis sejak dini di usia penggalang, Kwarcab Pramuka Labuhanbatu melaksanakan “Jambore Literasi” bagi penggalang yang diselenggarakan Dinas Pendidikan Labuhanbatu. Demikian dikatakan Ketua Kwarcab Pramuka Labuhanbatu Hj. Siti Awal Siregar dalam pidato tertulisnya yang dibacakan Dandim 0209/LB, Letkol CZI Denden Sumarlin Kamabiraka Wirakartika Labuhanbatu, Jumat (22/9/2017) sore pada pembukaan Jambore Literasi Pramuka Tingkat SMP Se-Kabupaten Labuhanbatu di Halaman Sekolah Yapim Rantauprapat.

Dikatakan Dandim, jambore tersebut merupakan pesta/pertemuan para pramuka penggalang yang dikemas secara rekreatif, riang gembira, penuh rasa persaudaraan, kreatif, menyenangkan dan mengesankan dilaksanakan dalam bentuk perkemahan.

"Kegiatan yang kita lakukan ini dirangkaikan dengan literasi yang merupakan sebuah gerakan andalan Dinas Pendidikan yang dimulai dari sekolah-sekolah sekaligus Gugus Depan sebagai ujung tombak gerakan pramuka," jelasnya.

Dalam rangka memenuhi serta upaya meningkatkan kualifikasi gugus depan, Kwarcab juga menyelenggarakan perlombaan seperti lomba baca puisi, lomba mengarang, lomba cepat tanggap dan scouting rally, diharapkan pelaksanaan perlombaan ini dapat diselenggarakan dengan riang gembira, kreatif, menyenangkan dan mengesankan.

Sementara itu, Ketua Panitia pelaksana kegiatan Jambore Literasi, Maksum Siagian melaporkan, jambore literasi itu dilaksanakan dari 22-24 September 2017 dengan jumlah lebih kurang 200 peserta yang terdiri dari panitia, pendamping dan penggalang.

"Tujuan Jambore Literasi ini adalah untuk meningkatkan silaturrahmi antara guru pembina dan penggalang se-Kwarcab Kabupaten Labuhanbatu dan menciptakan atau mewujudkan manusia yang berkepribadian, bertaqwa, berakhlak mulia dan berbudi pekerti luhur serta mewujudkan literasi yang cerdas, trampil dan tangguh," jelasnya.

Pada pembukaan jambore literasi tersebut juga dirangkai dengan penyerahan bingkisan kepada sembilan orang perwakilan Kamabigus se-Kabupaten Labuhanbatu oleh Ka Kwarcab Pramuka Labuhanbatu Hj. Siti Awal Siregar beserta Kamabiraka Wirakartika Labuhanbatu, Kadis Pendidikan dan Camat Rantau Selatan.