PALAS - Kordinator Tim Dinas Pemdes dan Penmas Pemkab Palas Sulaiman Harahap berharap agar Kepala desa sebagai ujung tombak pemerintahan harus mampu mewujudkan pemerataan pembangunan untuk perubahaan kesejahteraan masyarakat yang lebih baik. Menurutnya, monitoring alokasi dana desa ini untuk mengetahui sudah sejauh mana pelaksanaan serapan anggaran dana desa, sekaligus sebagai pengawalan, pengawasan pelaksanaan dana desa.

Tenaga Ahli Infrastruktur Kabupaten Gontar Harahap menekankan, kepala desa dalam pelaksanaan dana desa haruslah benar-benar tepat sasaran, tepat waktu, tepat guna, jujur, adil dan langsung bersentuhan dengan kebutuhan masyarakat serta tertib administrasi.

Kepala desa diharapkan lebih intensif dan giat lagi melaksanakan pembangunan bersama masayarakat dalam mewujudkan kemandirian desa yang berkelanjutan.

"Desa harus menuntaskan skala prioritas yakni melaksanakan pembangunan untuk mendorong kemajuan desa agar tidak tertinggal dan terisolir," kata Gontar.

Sementara itu, Petugas Pendamping Desa, Sawalidah mengimbau agar seluruh desa berlomba membangun untuk meningkatkan kemajuan yang lebih baik. Sebaliknya, dia meminta, elemen masyarakat proaktif ikut mengawasi seluruh kegiatan pembangunan di desa.