LABUSEL - Aparatur sipil negara (ASN) Pemkab Labusel diminta mengayomi masyarakat dengan menyadari dirinya sebagai pelayan masyarakat dan bisa mengembangkan semangat patriotisme kebangsaan. Demikian disampaikan Bupati Labuhanbatu Selatan H. Wildan Aswan Tanjung saat menjadi inspektur upacara Hari Kesadaran Nasional di Kabupaten Labuhanbatu Selatan, Senin (18/9/2017) di halaman Kantor Bupati Labuhanbatu Selatan.

Upacara yang diselenggarakan setiap bulan tersebut, kata Wildan, janganlah dianggap sebagai formalitas belaka karena upacara hari kesadaran nasional seyogyanya memiliki nilai yang sangat luhur dalam membangkitkan semangat. Terlebih lagi ini mengingatkan setiap ASN sebagai abdi masyarakat yang mempunyai fungsi utama yaitu memberikan pelayanan yang maksimal kepada masyarakat.

"Saya berharap upacara Hari Kesadaran Nasioal dapat meningkatkan kesadaran kepada seluruh aparatur negara agar dapat melayani masyarakat dan dapat mengelola berbagai dinamika sosial yang ada di tengah-tengah kehidupan masyarakat secara arif dan bijaksana, sehingga setiap persoalan dapat diselesaikan dengan sebaik-baiknya," jelasnya.

Bupati juga mengingatkan Dinas Pemberdayaan Perempuan, Anak, Pengendalian Penduduk dan KB selaku panitia Hari Kesadaran Nasional untuk mensukseskan program nasional melalui pelaksanaan program keluarga berencana demi terciptanya keluarga sehat sejahtera.

“Untuk mendukung pelaksanaan pembangunan berkelanjutan yang berwawasan kependudukan, maka saya minta dinas Pemberdayaan Perempuan, Anak, Pengendalian Penduduk dan KB dapat memperkuat pelaksanaan pembangunan kependudukan dengan upaya pengendalian kuantitas dan peningkatan kualitas penduduk,” ujarnya.

Pengendalian penduduk melalui program keluarga berencana bisa terlaksana apabila didukung oleh seluruh masyarakat.

"Oleh karena itu, saya mengajak kita semua, khususnya para PNS dan pegawai pemerintah dengan perjanjian kontrak dilingkungan pemerintah kabupaten Labuhanbatu Selatan untuk menjadi motor penggerak suksesnya program keluarga berencana di kabupaten Labuhanbatu Selatan,” lanjut H. Wildan Aswan Tanjung.

Diakhir sambutannya, Bupati kembali mengingatkan Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemkab Labuhanbatu Selatan agar dapat mematuhi jadwal pelaksanaan kegiatan dalam APBD tahun anggaran 2017, sehingga penyerapan anggaran dapat berjalan sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan.