MEDAN-Hanya sekitar 30% UMKM dari ribuan pelaku UMKM di Sumut yang memanfaatkan internet untuk memasarkan produknya.Salsh penyebabnya karena minimnya pelatihan dalam mengedukasi pelaku UMKM dalam memanfaatkan internet untuk menjual produknya.

Hal ini lah yang membuat Ketua Asosiasi UMKM Sumut, Ujiana Sianturi atau yang akrab di sapa Ana menggelar pelatihan Internet Marketing dengan Tema " UMKM Go Online" di gedung Bina Graha Pemprovsu, Jalan Diponegora , Medan.

Ana menegaskan, sebagai ketua asosiasi, ia dan pengurusnya nanti akan mencoba memberikan pembinaan kepada pelaku UMKM di Sumut.

"Kita akan menyatukan semua UMKM yang ada di Sumut, dan melakukan pembinaan untuk peningkatan mutu produk. Lalu akan kita edukasi bagaimana memanfaatkan internet sabagai media memasarkan produk ke pasar yang lebih luas," ujarnya.

Tak hanya itu, Ana juga akan menjalin kerja sama dengan UPT Pusat Pelatihan dan Promisi Ekspor (P3E) Disperindag Sumut.

"kita juga nanti akan menjalin kerja sama dengan UPT P3E Disperindag Sumut, agar pelaku UMKM di Sumut dapat edukasi dan pembinaan untuk mengekspor produk UMKM-nya. Jadi melalui kerja sama ini UMKM kita tak hanya bermain di pasar lokal tapi juga menembus pasar International,"
ujarnya.

Untuk daerah yang terkendala dengan jaringan internet dalam memanfaat internet marketing, pengurus dan kordinator wilayah yang tersebar di 33 kabupaten/kota di Sumut akan mencoba bekerja sama dengan pihak terkait mencarikan solusi agar pelaku UMKM dapat memanfaatkan internet .