BANDA ACEH - Lanud Sultan Iskandar Muda (SIM) di Blangbintang, Aceh Besar, kedatangan empat pesawat Hercules dari Skadud 31 Lanud Halim Perdanakusuma dan Skadud 32 Lanud Abdulrahman Saleh, Rabu (13/9/2017). Keempat pesawat dalam misi kemanusiaan pengiriman logistik bagi masyarakat Rohingya di Chittagong, Bangladesh.

Keempat pesawat ini tiba dengan selang waktu 20 menit mulai pukul 13.30 WIB hingga seluruh pesawat landing dengan aman di Lanud SIM. Di mana sebelumnya dilepas secara resmi Presiden RI Joko Widodo di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta.

Setibanya di Lanud SIM, Dansatgas Civic Mission Indonesia Marsma TNI Nanang Santoso mengatakan operasi kemanusiaan ini membawa dukungan logistik sejumlah 34 ton dan besok pukul 06.00 WIB (tadi pagi) dua pesawat akan start engine menuju Chittagong, Bangladesh.

Kemudian akan diikuti dua pesawat lainnya selang waktu 2,5 jam. Hal ini dikatakan Dansatgas Civic Mission Indonesia mengingat keterbatasan kapasitas area parkir di Chittagong.

Selain itu, Direktur Tanggap Bencana BNPB Junjungan Tambunan menambahkan bantuan kemanusiaan dari Indonesia akan diserahkan kepada Duta Besar RI untuk Bangladesh Rina Soemarno dan dilanjutkan kepada pemerintah Bangladesh.

Bentuk bantuan kemanusiaan dari pemerintah Indonesia, katanya, terdiri atas beras 20 ton, gula 1 ton, tenda darurat 10 unit, selimut 7 ribu helai, kebutuhan rumah tangga 600 paket serta tangki air darurat kapasitas 1.893 liter sebanyak 10 unit.

Di sela-sela kegiatan tersebut, Danlanud SIM Kolonel Pnb Suliono mengatakan, Lanud SIM mendapat kepercayaan pimpinan sebagai salah satu posko bantuan kemanusiaan Rohingya, sehingga semaksimal mungkin Lanud SIM akan mendukung kelancaran pelaksanaan operasi kemanusiaan ini hingga tuntas.

“Mari bersama-sama berbuat yang terbaik untuk mendukung operasi ini di mana setiap anggota bekerja sesuai tugasnya masing-masing secara profesional dan saling membantu jika sewaktu-waktu dibutuhkan,” ujarnya mengingatkan personel Lanud SIM.

Keempat pesawat Hercules ini diawaki oleh Letkol Pnb Subhan, Letkol Pnb Fata Patria, Letkol Pnb Suryo, Letkol Pnb Puguh, Mayor Pnb Yudi, Mayor Pnb Yayan, Mayor Pnb Ari, Mayor Pnb Teddy Syahputra beserta crew di masing-masing pesawat Hercules dengan tail number A-1316, A-1319, A-1335 dan A-1326.