MEDAN-Ketua DPD Partai Demokrat Sumatera Utara JR Saragih telah mendapatkan dukungan dari DPP Partai Demokrat untuk maju dalam Pemilihan Gubernur Sumatera Utara (Pilgubsu) 2018. Untuk dapat mmendaftar ke Komisi Pemilihan Umum (KPU), JR Saragih mesti mencari dukungan sebanyak 6 kursi DPRD Sumut lagi untuk melengkapi syarat 20 kursi. Sebab, Demokrat hanya memiliki 14 kursi di DPRD Sumut. 

Jika nantinya JR Saragih berhasil mendapat dukungan 6 kursi lagi, dan berhasil lolos dalam verifikasi KPU sebagai calon gubernur, JR Saragih memiliki peluang besar untuk menang. 

Hal tersebut disampaikan oleh pengamat politik Walid Mustafa Sembiring kepada RMOLSumut.com melalui pesan tertulis, Senin (11/9). 

"Saya kira JR jika mampu mencari mitra koalisi untuk bisa berlayar pada Pilgubsu 2018 ini akan punya peluang besar untuk menang," katanya. 

Selain itu, lanjut Walid, sejumlah sosok yang masuk dalam bursa calon gubernur dapat terganggu elektabilitas dan popularitasnya dengan pergerakan politik yang dibuat oleh JR Saragih. 
   
"Peta politik sumut sampai dengan saat ini masih berkisar pada beberapa nama yang akan sangat mungkin terganggu dengan mainnya JR," tandasnya.