KUALA LUMPUR - Kesabaran Wewey Wita akhirnya berbuah manis. Pesilat putri berdarah Singapura ini berhasil mewujudkan ambisinya meraih medali emas pada SEA Games XXIX Malaysia 2017.

Pada pertandingan final nomor Tanding kelas B putri di Kompleks Olahraga Nasional Bukit Kiara Kuala Lumpur, Malaysia, Selasa (29/8/2017), Wewey mengalahkan pesilat Vietnam Tran Thi Them dengan skor telak 4-1.

"Alhamdulillah. Ternyata doa yang selalu saya panjatkan agar diberikan kekuatan untuk meraih emas di Kuala Lumpur telah dikabulkan Allah SWT. Saya senang dan bangga meraih emas pertama dalam tiga kali penampilan di SEA.Games," kata Wewey ditemui usai pertandingan.

Pada SEA Games Myanmar 2013 dan SEA Games Singapura, Wewey yang turun di nomor Tanding Kelas C hanya meraih perak. Gadis kelahiran Tangerang, Banten, 5 Februari 1993 ini memang pantas meraih medali emas. Di fin, dia tampil begitu cepat dan lincah dalam melakukan serangan. "Saya bisa tampil bagus karena menjalankan instruksi pelatih," katanya.

Anak pertama dari enam bersaudara pasangan Yeo Meng Tong dan Ani Rohimah ini menjadi satu-satunya menekuni pencak silat. Dan, dia mengaku mulai menekuni olahraga pencak silat sejak Sekolah Dasar.

"Mungkin bakat menyenangi olahraga beladiri menurun dari nenek saya yang menguasai taichi. Papa saya itu lebih tertarik menekuni bisnis," kata mahasiswi Semester 8 Universitas Negeri Jakarta ini. ***