JAKARTA - Maskapai asal Vietnam, VietJet Air berencana membuka rute penerbangan ke Indonesia. Maskapai ini sempat bikin heboh gara-gara pramugarinya yang bertugas pakai bikini. Pihak DPR mendesak agar Menteri Perhubungan menolak maskapai tersebut masuk ke Indonesia.

"Maskapai itu pelayanannya tidak mencerminkan aspek budaya ke Indonesiaan. Malah sangat bertentangan dengan kultur masyarakat Indonesia," tandas Anggota Komisi V DPR Mohamad Nizar Zahro di Jakarta, Minggu (27/8/2017).

Selama ini, kata Nizar, pemerintah tidak pernah mengkomunikasikan kepada DPR soal pemberian izin terhadap maskapai itu. Bahkan saat launching, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi yang datang dinilai tidak etis.

"Tidak pernah ada kosultasi atau pemberitahuan kepada Komisi V terkait adanya izin kepada maskapai Vietjet Air. Kami juga mengecam kehadiran Kemenhub dalam acara launching itu," tegas dia.

Ia menegaskan, dirinya akan berkoordinasi dengan pimpinan Komisi V DPR untuk memanggil Menteri Perhubungan. Sebab kebijakan tersebut sangat tidak etis.

"Memang ini bisnis. Tapi jangan sampai hanya mementingkan profit lalu mengesampingkan etika - etika yang selama ini dijunjung tinggi oleh masyarakat Indonesia," pungkasnya. ***