MEDAN-Setelah Partai Golkar dengan pasangan Erry Nuradi-Ngogesa Sitepu, kini giliran Partai Gerinda mengumumkan Gus Irawan Pasaribu sebagai calon Gubernur Sumut yang akan diusung pada Pilgubsu 2018. Ketua DPD Partai Gerindra Sumut itu mendapat restu dari Prabowo Subianto selaku Ketua Umum dan Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra.

Hal itu dikatakan Wakil Ketua Umum DPP Partai Gerindra, Sufmi Dasco Ahmad dalam keterangan tertulisnya, sebagaimana yang dikutip dari laman resmi DPD Gerindra Sumut: www.gerindrasumut.com.

Dia membeberkan alasan mengusung Gus Irawan, antara lain karena Gus Irawan adalah kader Gerindra yang loyalitasnya terhadap partai tidak perlu diragukan.

Bahkan, Ketua Komisi VII DPR RI itu dinilai menunjukkan kualitas dan kuantitas yang mumpuni dalam membela kepentingan rakyat.

Alasan lain adalah karena hasil pleno DPD Gerindra Sumut merekomendasikan mengusung Gus Irawan bertarung di Pilgub Sumut 2018.

Kemudian juga karena Rakernas telah mengamanahkan bahwa Gerindra wajib mengusung kader di perhelatan Pilkada 2018.

Oleh karena itu, tambah Ketua MKD DPR RI itu, semua perangkat partai harus bersatu dan berjuang memenangi Pilgubsu 2018.

"Itu agar nantinya di 2019 kita bisa berjuang menangkan Partai Gerindra dan Pak Prabowo Subianto menjadi presiden Indonesia selanjutnya," tukasnya.

Gus Irawan sejauh ini belum bisa dikonfirmasi. Namun salah seorang pengurus Gerindra Sumut, Frans Anthony Sihombing membenarkan penetapan Gus Irawan tersebut.

"Oh iya benar, surat keputusannya sudah ada, namun mohon maaf belum bisa dipublikasikan. Yang pasti sudah resmi dan informasinya juga sudah disebar ke media," katanya menjawab konfirmasi medanbisnisdaily.com.

Dia menyebutkan, Gus Irawan sedang berada di Jakarta. "Pak Gus kemungkinan besar mendarat Minggu di Medan karena ada acara esok harinya," sebutnya.