SELANGOR - Sebanyak 1 medali emas, 1 perak dan 2 perunggu berhasil disumbang Tim Renang Indonesia dalam ajang SEA Games 2017 di National Aquatic Centre, Bukit Jalil, Malaysia, Kamis (24/08/2017).

Emas disumbang Triady Fauzi Sidiq yang menang di nomor 200 meter gaya ganti putra dengan catatan 2 menit 01,72 detik. Catatan waktu Triady ini sekaligus menjadi rekornas baru atau lebih tajam dari rekornas lama 2 menit 02,05 detik.

"Puas rasanya bisa mendapat medali emas. Kerja keras selama latihan tertuntaskan. Terima kasih kepada semua pihak yang telah memberi dukungan," ucap Triady setelah lomba.

Persaingan sengit terjadi di nomor 100 meter gaya punggung putra, I-Gede Siman Sudartawa harus puas dengan medali perak dengan catatan 54,94 detik, sekaligus memecahkan rekornas atau lebih tajam dari rekornas lama 55,07 detik.

Siman hanya kalah tipis dari peraih emas Zheng Wen Quah 54,81 detik. "Ini best time saya. Bersyukur bisa dapat perak, saya akan tingkatkan lagi beberapa teknik," jelas Siman.

Medali perunggu juga berhasil disumbang Ressa Kania Dewi di nomor 200 meter gaya ganti putri dengan catatan 2 menit 17,46 detik.

Ini juga jadi rekornas baru, lebih tajam dari rekornas lama 2 menit 17,83 detik. "Senang bisa medali, bersyukur sudah dapat 2 perunggu. Makasih yang udah mendukung selama ini. Baik jajaran pelatih, terutama coach David dan juga satuan Pussenarmed Cimahi," jelas Serda (K) Ressa yang bertugas TNI AD.

Perunggu lain disumbangkan Vanessae Evato di nomor 100 meter gaya dada putri dengan catatan 1 menit 10,82 detik. "Senang bisa sumbang medali, tapi kurang puas karena belum bisa pecahkan rekor pribadi. Saya akan berusaha perbaiki lagi," ujar Vanessae.

Cabang renang total sudah menyumbang 2 emas, 6 perak dan 5 perunggu. ***