PALAS-Terhitung sejak Senin (21/8/2017) malam, stok bahan bakar minyak (bbm) jenis premium di SPBU 14227335, Desa Ujung Batu, Kecamatan Sosa Kabupaten Padang Lawas (Palas) kosong dan berlangsung hingga Kamis (24/8/2017). Akibatnya, masyarakat harus menggunakan pertalite.

Manager SPBU Ujung Batu, Hendrik Simatupang, mengatakan, stok premium sudah habis sejak hari Senin malam. Ia mengaku sudah pesan dari depot Sibolga. Mungkin malam ini akan sampai.

"Memang, masyarakat di sini lebih banyak menggunakan premium daripada pertalite. Sudah hari stok premium kita 16 kiloliter habis terjual," terangnya.

Bila premium tersedia di SPBU ini, lanjutnya, dalam sehari hanya 1.500 hingga 2.000 KL saja pertalite terjual.

"Dikarenakan stok premium kosong, maka selama tiga hari ini kita menjual pertalite untuk melayani masyarakat. Dalam tiga hari 12 KL pertalite terjual," ujarnya.

Diakuinya, memang cukup banyak juga pengecer premium dan pertalite yang mengambil ke SPBU ini dengan menggunakan jerigen.

Pihaknya berharap, kiranya ada tambahan stok BBM dari Depot Sibolga ke SPBU ini untuk jenis premium, setidaknya sebanyak 16 KL setiap dua atau tiga hari sekali pasokan bisa masuk.

"Tapi, di sini kita tegaskan, masyarakat pengecer BBM yang menggunakan jerigen yang kita layani di sini adalah pengecer yang memiliki surat rekomendasi dari Diskoperindag Palas. Yang tidak punya surat rekomendasi tentu tidak kita layani," tegasnya.