JAKARTA - Produk-produk Indonesia kini tak bisa dianggap sebelah mata. Buktinya beberapa tahun terakhir, produk-produk Indonesia sangat diminati oleh warga asing. Salah satunya adalah produk fashion yang bernama "Warnatasku".

Warnatasku yang merupakan merek fashion berasal dari Indonesia ini, sudah berdiri sejak tahun 2011 dan berkantor di daerah Jatibening Bekasi Jawa Barat.

Warnatasku sendiri adalah sebuah karya yang dirintis oleh Ervina Ahmad selaku desainer dengan dukungan Yudha Pratomo sang suami, yang menjadikan warnatasku sebagai salah satu merek tas fashion Indonesia yang sudah bisa menembus pangsa pasar fashion internasional.

Warnatasku hadir didasari atas kecintaan Ervina terhadap kain tradisional Indonesia. Dirinya menterjemahkan rasa cinta tersebut ke dalam bentuk tas sebagai apresiasi kepada budaya warisan yang diteruskan oleh pengrajin kain tenun Indonesia.

Adapun misi yang selalu dibawa oleh warnatasku adalah menjaga kelestarian budaya kain tradisional melalui pengenalan dan promosi dalam bentuk tas fashion.

"Harapannya bahwa usaha ini dapat memberikan pengaruh positif pada peningkatan kualitas hidup pengrajin lokal, saat ini warnatasku tetap berkembang dan menjalin kerjasama dengan berbagai partner usaha di beberapa negara di kawasan Asia dan Timur Tengah seperti Malaysia Singapura, Hongkong, Australia, Saudi Arabia dan lainnya," ujar Ervina pada saat jumpa pers beberapa waktu lalu.

Lanjutnya, beberapa kegiatan yang telah diikuti Warnatasku, berupa pameran dan fashion show seperti pada kegiatan Asia World Expo, Indonesia Fashion Week, Putra-putri batik nusantara, School Love Indonesia di Belgia dan Panorama Berlin.

"Kami sangat yakin, bahwa kain tradisional Indonesia memiliki potensi besar untuk diminati oleh pangsa pasar fashion. Inovasi pada setiap produk jaringan distribusi yang semakin berkembang dengan meningkatnya jumlah permintaan produk tas di pasar lokal dan internasional menjadikan warnatasku sebagai merk dengan potensi bisnis yang menjanjikan di masa depan," tukasnya.

Warnatasku Eropa Tour 2017

Warnatasku sendiri sudah melakukan perjalanan tour ke eropa sejak bulan April 2017, dimulai dari keikutsertaan pameran di Berlin Jerman. Dan akan dilanjutkan dengan rencana perjalanan ke 4 kota di 4 negara yaitu Moskow Hamburg, Firlandia, dan Milan.

2 aktivitas yang diikuti di kota-kota tersebut adalah pagelaran fashion dan pameran tema Eropa tour 2017 diantaranya adalah Treasure of Maumere yang akan menampilkan koleksi terbaru warnatasku dengan menggunakan bahan utama kain tradisional Maumere Nusa Tenggara Timur.

"Rencananya, perjalanan akan dimulai pada tanggal 27 Agustus sampai dengan 27 September 2017. Warnatasku mengajak beberapa desainer seperti Handy Hartono, Kunce Manduapessy dan Dana Duryatna," ujarnya.

"Nah untuk mendukung tata busana pada pergelaran fashion tersebut, kami juga lakukan promosi baik melalui media sosial dengan materi video dengan durasi cukup singkat maupun yang lainya. Kami yakin bahwa cara tersebut sangat efektif untuk meningkatkan kesadaran masyarakat atas kebudayaan Indonesia serta membawa wawasan dunia fashion internasional akan kekuatan dan keberagaman warisan fashion Indonesia," paparnya.

Rasa percaya diri warnatasku pada 4 kegiatan tersebut juga dengan adanya respon positif dari industri fashion di benua Eropa. ***