PADANG LAWAS - Pelaksana Harian (Plh) Bupati Kabupaten Palas, H Ahmad Zarnawi Pasaribu bertindak sebagai Inspektur Upacara pada detik-detik kemerdekaan RI ke-72 di Lapangan MTsN Sibuhuan, Kamis (17/8/2017). Bertindak sebagai Komandan Upacara Danramil 08/Barumun Kapt Inf Fahri Batubara, dan sebagai perwira Upacara Kapolsek Barumun AKP Sudirman, upacara kenegaraan ini dimulai dengan acara sangkur dan dilanjutkan dengan pembacaan Teks Pancasila oleh Wakil Ketua DPRD Palas H Irsan B Harahap.

Pantaun GoSumut di lokasi lapangan upacara, sedikitnya dua ribuan warga dari berbagai elemen masyarakat dan instansi serta lembaga negara ataupun kemasyarakatan turut serta dalam upacara yang sakral ini. Begitu juga dalam barisan undangan terlihat mulai dari siswa TK/PAUD, instansi pemerintah/swasta, TNI/Polri, tokoh agama, tokoh masyarakat, dan OKP. Hingga deretan pejabat negara di lingkungan forum kordinasi pimpinan daerah (FKPD) dan SKPD Palas terlihat tertib dan khidmat mengikuti upacara hari lahirnya Bangsa Indonesia tahun ini.

Memasuki detik-detik pengibaran bendera, 58 personel Paskibra dari berbagai sekolah di Padang Lawas ini berderab langkahnya mengibarkan bendera merah putih. Para siswa-siswi dari berbagai sekolah menengah yang dikomandoi Muhammad Arifin Nasution dari MAS NU Aek Hayuara ini sangat antusias melakukan upacara tahunan. Begitu masuk lapangan, peserta upacara terlihat dengan berdiri di tempatnya masing-masing untuk melihat derap langkah Paskibra ini.

Upacara pengibaran bendera merah putih cukup khidmat, terlihat peserta tertib mengangkat tangan menghormat bendera dan menyanyikan lagu Indonesia Raya. Upacara peringatan HUT RI ke-72 pada sesi pengibaran bendera di lingkungan Pemkab Palas ditutup dengan bersalaman dan sesi foto bersama serta memberikan santunan kepada dua orang warakawuri atau janda veteran di Palas, dirangkai juga dengan pemberian SK CPNS bagi dokter dan bidan PTT serta pemberian penghargaan tanda jasa sstya lencana kepada PNS di lingkungan kerja Pemkab Palas. (Ibnu Nasution)