LABUHANBATU - Pelaksanaan upacara HUT ke-72 RI di wilayah teritorial Kodim 0209/LB, khususnya wilayah Kabupaten Labuhanbatu berlangsung khidmat. Upacara yang digelar di Lapangan Ika Bina Jalan MH.Thamrin, Kecamatan Rantau Utara, Labuhanbatu, Kamis (17/8/2017), dihadiri sekitar 3.000 orang.

Dalam upacara sakral yang dipimpin Bupati Labuhanbatu H. Pangonal Harahap, Kapten Inf Hidayat ditunjuk sebagai pembina upacara dan dikomandani Letda Cpl Lindon Simanjuntak serta diikuti Ketua DPRD Labuhanbatu, Dahlan Bukhori sebagai pembaca Teks Proklamasi.

Bupati Labuhanbatu H. Pangonal Harahap dalam amanatnya menyampaikan, melalui peringatan HUT kemerdekaan RI ini, agar seluruh masyarakat dapat meningkatkan jiwa patriotisme dan nasionalisme kepada tanah air tercinta.

"Mari kita lebih meningkatkan semangat kita untuk belajar lebih rajin lagi, agar kita sebagai generasi muda bisa menjadi generasi yang membuat negara tercinta kita makmur dan tenteram," sebut Pangonal.

Bupati mengisahkan, betapa hebatnya para pejuang-pejuang bangsa dalam mempertahankan dan merebut kemerdekaan negara ini dari tangan penjajah. Untuk itu, sebagai rakyat Indonesia dan sebagai bangsa yang besar harus dapat menghormati dan menghargai jasa para perjuangan pahlawan bangsa.

Bupati mengajak generasi muda untuk bangkit dalam memperjuangkan bangsa ke depan, dengan cara menciptakan prestasi guna mengharumkan nama bangsa, serta mengisi kemerdekaan Indonesia dengan sebaik-baiknya dengan semangat nasionalisme dan patriotisme.

Tampak hadir, Dandim 0209/LB Letkol Czi Denden Sumarlin, Kapolres Labuhanbatu AKBP Frido Situmorang, Wabup Labuhanbatu H. Andi Suhaimi Dalimunthe, Kasi Intel Kejari Rantauprapat, Ricardo Marpaung, Ketua PN Rantauprapat, Soebandi.

Sekdakab Labuhanbatu Yusuf Siagian beserta jajaran SKPD turut hadir dalam upacara tersebut. Begitu juga dengan Dansub Denpom II/Rantaupapat Kapten CPM Desmon Simamora, Dankipan C Yonif 126/KC, Para Perwira Staff Kodim 0209/LB, pengurus Partai Politik, tokoh masyarakat dan OKP serta Ormas se-Labuhanbatu.

Usai Upacara, kegiatan dilanjutkan dengan Defile dan Pawai Keliling melalui Route yakni, Bundaran Simpang 6-Simpang 4 Pos Polisi-Jalan Diponegoro-Jalan Urip-Jalan Imam Bonjol, dan kembali ke Lapangan Ika Bina Rantauprapat.