KUALA LUMPUR - Usaha keras kontingen Indonesia untuk meraih medali emas sebelum upacara pembukaan SEA Games, pada 18 Agustus, membuahkan hasil.

Dua atlet panahan Merah Putih, Sri Ranti di putri dan atlet putra, Prima Wisnu menjuarai nomor Individual Compound dalam pertandingan yang berlangsung di Synthetic Turf Field National Sports Complex, Kuala Lumpur, Malaysia, Rabu (16/8/2017).

Sri mengalahkan wakil Vietnam, Chau Kiew Oanh, pada final cabang panahan nomor compound individu putri. Sri Ranti berhasil menang dengan skor total 144. Sedangkan Kiew Oanh mengumpulkan skor total 142.

Sementara itu, Prima Wisnu Wardhana, menambah medali emas untuk Indonesia setelah memenangi laga final nomor compound putra usai mengalahkan wakil tuan rumah, Mohd Juwaidi Marzuki, dengan skor tipis 145-144. Kemenangan Prima ini didapat setelah unggul satu poin atas Juwaidi pada ronde terakhir.

"Saya mengucapkan terima kasih dan rasa bangga atas prestasi yang dicapai dua atlet penahan kita. Raihan medali pertama diharapkan menjadi pemicu bagi atlet lain untuk meraih prestasi serupa," ujar Ketua KOI, Erick Thohir kepada GoNews.co, Rabu (16/8/2017).

Dua emas yang diraih Sri dan Prima sehari sebelum perayaan kemerdekaan ke 72 jelas menjadi kado indah yang diberikan para atlet Merah Putih.

"Selain itu, raihan tersebut menjadi modal berharga bagi kelanjutan prestasi. Pertama, panahan merupakan cabang olimpiade, dan kedua, besarnya harapan bagi cabang panahan untuk meraih medali saat Asian Games 2018," tambah Erick. ***