JAKARTA - Melanjutkan tradisi yang selalu dilakukan oleh Pengurus KONI Sumut mempertahankan tradisi khusus bagi atlet-atlet Sumut yang berlaga di ajang multi event internasional seperti SEA Games dan Asian Games.

Pada acara di Hotel Century Jakarta, Senin (14/7/2017), Ketua KONI Sumut, Jhon Ismadi Lubis didampingi Sekretaris Umum, Chairul Azmi Hutasuhut secara resmi melepas keberangkatan sebanyak 17 atlet, satu Manajer, dua pelatih dan satu wasit asal Sumut yang akan membela Kontingen Indonesia di ajang SEA Games 2017, 19-30 Agustus di Malaysia.

Diawali dengan jamuan makan dan ditutup dengan pemberian 'tali asih' sebagai simbol dukungan penuh dari Kepengurusan KONI Sumut kepada seluruh atlet, pelatih, wasit dan ofisjal asal Sumut yang akan berjuang untuk membela Indonesia di SEA Games 2017.

Pada kesempatan tersebut, Jhon Ismadi Lubis menyampaikan salam dari Gubernur Sumut dan seluruh pengurus KONI Sumut. Dikatakan, dalam kesempatan kali ini tidak bisa hadir namun Gubernur berjanji akan mengunjungi para atlet saat berlaga di Malaysia. Direncanakan Gubernur akan bertolak ke Malaysia pada 20 Agustus mendatang.

"Kalaupun ada yang kami berikan, ini bukan apa-apa. Ini tanda sayang kami kepada kalian," kata Jhon Ismadi Lubis.

"Apapun akan kami upayakan yang terbaik untuk atlet. Soal bonus memang belum bisa kami dipastikan. Semoga dapat ditampung di APBD. Namun apabila tidak ditampung, KONI Sumut siap carikan dana talangan bonus bagi atlet, pelatih dan ofisial. Selamat berjuang raihlah prestasi yang terbaik bagi bangsa ini. Atas nama masyarakat Sumut mengirim doa agar kalian bisa berkontribusi di SEA Games," tambahnya.

Jhon juga secara khusus menitipkan kepada Zulkarnaen Purba (Manajer Timnas Karate Indonesia) sebagai yang dituakan untuk berkenan mendukung para atlet Sumut yang berlaga di cabang olahraga lain. Dan, dia juga berjanji akan mengunjungi atlet di Malaysia.

"Saya bersama dengan beberapa dari Pengurus KONI Sumut akan hadir untuk memberi dukungan kepada kalian. Kami akan berangkat pada 19 Agustus dan kembali ke Sumut pada 24 Agustus," tukasnya.

Sekretaris Umum KONI Sumut, Chairul Azmi Hutasuhut menambahkan pertemuan ini sangatlah bermanfaat. Dimana sesama atlet dapat saling mengenal, saling menghormati dan saling menghargai. Dikatakan, tali asih yang diberikan bertujuan untuk memotivasi agar para atlet semakin terpacu dan bersemangat untuk memperaembahkan prestasi terbaik. "Pesan saya, jaga nama baik Sumut. Bangunlah kebersamaan," tandasnya.

Pada kesempatan tersebut, Zulkarnaen Purba selaku yang dituakan didaulat untuk menyampaikan sepatah-duapatah kata. Zulkarnaen mengapresiasi keperdulian KONI Sumut yang konsisten dan terus-menerus memberikan perhatian setiap kali para patriot-patriot olahraga Sumut berlaga di ajang multi-event.

"Kalau dinilai mungkin tidak ada artinya dengan perjuangan yang sudah kita lakukan. Tetapi kita berterimakasih kepada KONI Sumut yang secara berkesinambungan dari SEA Games maupun Asian Games selalu memberi perhatian," ujarnya.

Kepada para atlet Zulkarnaen mengingatkan bahwa Sumut punya marwah dan harkat. "Martabat Sumut harus naik. Berjuang dulu, jangan pikirkan yang lain. Harapan kita apalagi buat para atlet yang baru pertama kali berlaga di SEA Games. Supaya bisa menunjukkan jati diri Sumut. Meskipun selama satu tahun menjalani pelatnas banyak gelombang. Itu proses. Proses kadang-kadang tidak mulus. Tetapi jangan sampai kalian terpengaruh karena hal itu," harapnya.

"Mungkin orang bisa membeli satu truk jaket yang sama dengan yang kalian pakai. Tetapi tidak semua orang sembarangan bisa memakai jaket yang sekarang kalian pakai. Hanya yang betul-betul terbaik yang bisa memakainya dan berhak mewakili negara. Jadi berikanlah kontribusi terbaik bagi kontingen dan negara," pungkasnya.

Berikut daftar nama-nama atlet, pelatih dan ofisial asal Sumut yang akan membela Kontingen Indonesia di ajang SEA Games 2017.

Cabang Olahraga Karate : Iwan Bidu Sirait (55kg), Jintar Simanjuntak (67kg), Srunita Sari (50kg), Desynta Banurea (68kg), Jonni Abdila (beregu).

Manajer : Zulkarnaen Purba

Biliar : Jefry Zen, Marlando Sihombing, Jaka Kurniawan, Lando dan Jaka perunggu SEA Games 2015 di Singapura Pelatih : Achmad Fadil Nasution dan Eddy Hartono.

Wushu : Lindswell, Juwita Niza Wasni, Pelatih : Novita, Wasit : Iwan Kwok.

Boling : Aldila Indriyati, Hardy Rahmadian

Hoki : Musriani Sirait, Yepi Simanjuntak.

Tinju : Saroha Tua Lumban Tobing (kelas 64kg)

Polo Air : Silvester Golbet Manik

Atletik : Abddul Hafiz (Lempar Lembing).***