MEDAN - Ternyata Serda Wira Sinaga, anggota Korem 031/Wirabuana yang memukul oknum Polantas Polres Pekanbaru dinyatakan memiliki riwayat gangguan kejiwaan. Hal tersebut dikatakan Kepala Penerangan Kodam (Kapendam) I/BB, Kolonel Inf Edi Hartono, Jumat (11/8/2017).

Orang nomor satu di bidang Penerangan Militer Kodam I/BB itu menjelaskan, pada awal April 2017, Serda Wira sempat menjalani pengobatan di Rumah Sakit Putri Hijau, Medan atas dugaan gangguan kejiwaan.

"Dari dokter, ia (Wira) dinyatakan mengalami gangguan kejiwaan skizofrenia," jelasnya di Makodam I/BB, Jalan Gatot Subroto, Medan.

Lebih lanjut diungkapkan Edi, setelah menjalani pengobatan pada April lalu, kondisi Serda Wira mulai membaik. "Ia kemudian ditugaskan kembali hingga kemudian terjadilah pemukulan terhadap Bripda Yoga, anggota Satuan Lalulintas Polres Pekanbaru pada Kamis (10/8/2017)," ungkapnya.

Video pemukulan ini kemudian viral di media sosial. Ia kemudian menegaskan, seluruh prajurit untuk menjaga nama baik institusi. "Kejadian ini tidak boleh terulang kembali," tegasnya.

Edi menuturkan, meski memiliki gangguan kejiwaan, proses terhadap Serda Wira tetap akan berlanjut. Saat ini Serda Wira telah ditahan di Detasemen Polisi Militer (Denpom) Pekanbaru.

"Kita tunggu saja hasil pemeriksaannya," tuturnya.