PALAS-Bupati Palas H Ali Sutan Harahap (TSO) secara simbolis menyerahkan bantuan dana Program Keluarga Harapan (PKH) non tunai tahun I tahun 2017.

Kegiatan tersebut dirangkaikan dengan penyerahan Kartu Kesejahteraan Sosial (KKS) kepada Keluarga Penerima Manfaat (KPM).

Hadir dalam kesempatan itu, Sekda Palas Arpan Nst, Asiten Perekonomian Budi Utari, Kasubbag TU Kemenag Palas Paraduan,sejumlah pimpinan SKPD Palas, dan pihak Bank Mandiri Cabang Sibuhuan.

Penyaluran dana PKH non tunai di Kabupaten Padang Lawas (Palas) Sesuai keputusan Direktur Jenderal Perlindungan dan Jaminan Sosial Kementrian Sosial RI Nomor : 05/ LJS/ 05/2017 tentang perubahaan lokasi penerima bantuan sosial non tunai. Dan dana PKH Palas lembaga penyalurnya Bank Mandiri.

Penyaluran bantuan PKH yang diawali secara simbolis oleh Bupati Palas akan berlangsung dari Rabu sampai Kamis (2-10/8) disembilan lokasi dengan tempat yang berbeda.

Pemkab Palas mulai mendapat bantuan PKH dari Kementerian Sosial RI pada tahun 2015 yang lalu. Untuk tahun 2017 ini dana bantuan PKH di kabupaten Palas sebesar Rp 12.074.000.000, dengan jumlah penerima sebanyak 6.037 KPM.

Bupati Palas H Ali Sutan Harahap menjelaskan Program PKH bertujuan untuk meningkatkan taraf hidup KPM melalui akses layanan pendidikan, kesehatan, dan keluarga sejahtera, dan mengurangi beban serta meningkatkan pendapatan keluarga miskin.

“Menciptakan perubahan perilaku dan kemandiran keluarga penerima manfaat dalam mengakses layanan kesehata dan pendidikan serta keluarga sejahtera, dan mengurangi kemiskinan dan kesenjangan,”ungkap Bupati Palas yang akrab disapa TSO.

TSO menyatakan PKH sangan sejalan dengan Visi Kabupaten Palas dalam mewujudkan Palas Bervahaya khususnya dipoint cerdas, sehat dan sejahtera.