PADANG LAWAS - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) sudah mengeluarkan persetujuan rencana pemekaran kecamatan baru di Kabupaten Padang Lawas (Palas). Dari lima rencana pemekaran kecamatan yang akan dimekarkan, baru empat kecamatan yang sudah mendapat persetujuan. Masing-masing pemekaran kecamatan baru yang sudah disetujui itu, termasuk Kecamatan Ulu Sosa, Sosa Julu yang berada di Kecamatan Sosa, Kecamatan Barumun Baru yang induknya Kecamatan Barumun, dan Kecamatan Barumun Barat yang berada di Kecamatan Barumun Tengah.

“Hanya saja, Kecamatan Barumun Barat yang akan dimekarkan itu masih bersyarat, yang diperlukan suatu kesepakatan batas wilayah antara Kabupaten Palas dengan kabupaten Paluta,” ungkap Kabag Tapem Setkdakab Palas Agussalim kepada wartawan, Senin (31/7/2017).

Dijelaskan, untuk pemekaran Kecamatan Sosa Timur yang merupakan gabungan desa antara Kecamatan Hutaraja Tinggi dan Kecamatan Batang Lubu Sutam masih bermasalah antara batas wilayah Propinsi Sumatera Utara dengan Propinsi Riau tepatnya Kabupaten Palas dengan kabupaten Rokan Hulu.

Padahal sebelumnya, tinggal satu langkah lagi perjalanan pemekaran lima kecamatan baru di Kabupaten Palas berjalan efektif. Kemarin, rancangan peraturan daerah Ranperda) untuk pembentukan lima kecamatan itu sudah disahkan jadi Perda.

Langkah berikutnya yang masih akan ditempuh, yakni registrasi ke Kementerian Dalam Negeri untuk kode wilayah. Sebelumnya, juga sudah didapatkan rekomendasi pemekaran kecamatan ini dari Pemerintah Provinsi Sumatera Utara.

Kelima kecamatan baru itu, yakni Kecamatan Barumun Baru dengan ibukota Hasahatan Julu, Barumun Baru ini merupakan pemekaran dari Kecamatan Barumun. Ada 13 desa yang akan bergabung di kecamatan ini.

Kemudian, Kecamatan Sosa Timur yang merupakan pemekaran dari Kecamatan Hutaraja Tinggi dan Batang Lubu Sutam dengan ibukota Tanjungale, Ada 13 desa yang bergabung di kecamatan ini, yakni 5 desa dari Kecamatan Hutaraja Tinggi dan 8 desa dari Batang Lubu Sutam.

Berikutnya, Kecamatan Sosa Julu dengan ibukota Hurung Jilok. Kecamatan Sosa Julu ini merupakan pemekaran dari Kecamatan Sosa. Ada 12 desa yang bergabung di kecamatan ini.

Ada pula, Kecamatan Ulu Sosa yang merupakan pemekaran dari Kecamatan Sosa. 11 Desa bergabung di kecamatan ini dengan ibu kota Hapung.

Terakhir, Kecamatan Barumun Barat dengan Ibukota Gading. Kecamatan Barumun Barat ini merupakan pemekaran dari Barumun Tengah dengan desa sebanyak 12 yang menjadi bagian wilayahnya.