MEDAN - Seratusan orang terlihat begitu antusias ketika mengikuti acara roadshow Startup World Cup Nation Roadshow yang diselenggarakan atas kerjasama Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) dengan perusahaan modal ventura asal Silicon, Valley yakni Fennox Venture Capital (VC) yang dilaksanakan di Clapham Collective di Jalan Timor Medan, Selasa (25/7/2017). Deputi Akses Permodalan Bekraf, Fadjar Hutomo menjelaskan melalui Startup World Cup (SWC), setiap startup di seluruh Indonesia berkesempatan tampil di kancah dunia. Bekraf juga ingin memastikan tidak hanya startup di ibukota saja yang dapat ikut berpartisipasi dalam SWC, tetapi juga startup lokal di berbagai daerah.

"Kami ingin startup lokal memiliki kesempatan yang sama dengan startup ibukota. Dan kami juga ingin terus meningkatkan komitmen kami dalam pemberdayaan startup lokal melalui program-program semacam ini," ujar Fadjar Hutomo.

Pada roadshow SWC di Medan kali ini, masih dijelaskannya ada 7 startup pitching, sedangkan pada Senin (24/7/2017) kemarin ada 23 startup yang telah menghadiri startup coaching. Sedangkan audience yang mendaftar untuk menghadiri startup pitching kali ada 300 orang.

"Tahun lalu kami mengadakan SWC roadshow ke 6 kota di Indonesia, dan kota Medan merupakan 1 dari 6 kota yang kami sambangi. Tahun ini kami kembali membawa SWC ke Medan karena melihat antusias para pelaku startup yang begitu besar. Kami berharap program-program semacam ini akan membantu pertumbuhan ekosistem startup digital di Medan," tegas Fadjar.

Dalam memilih 1 dari 7 startup untuk berkompetensi pada Startup World Cup Wild Card Round Final yang akan dilaksanakan di Jakarta pada September mendatang lanjutnya, Bekraf telah menghadirkan juri pada startup pitching kali ini yang nantinya akan menilai 7 startup yang berkompetensi di Medan yaitu Doorjek, Pak Tani, Collective Life. Ventori, Estate, lokalaja dan SimpliDOTS.