MEDAN - Untuk mewujudkan kota yang bersih, asri dan bebas sampah, Pemerintah Kota (Pemko) Medan melalui Kelurahan Babura, Medan Baru melaksanakan sosialisasi kepada pengguna dan pengendara kenderaan roda dua maupun empat di persimpangan Jalan Abdullah Lubis/Jalan Iskandar Muda, Senin (24/7/2017) siang. Dalam sosialisasi dipinggiran jalan itu, tim yang dimotori Lurah Babura, A Zukri Al-Rasyid mengajak masyarakat Kota Medan khususnya warga di Kelurahan Babura, Medan Baru, untuk menjaga lingkungan dengan tidak membuang sampah disembarangan tempat.

Sangat ironi, kata dia, Medan Rumah Kita di mana kita berdomisili dan bekerja harus kita kotori.

"Kegiatan ini merupakan pesan kepada masyarakat untuk senantiasa menjaga kebersihan. Selama ini kita telah berusaha maksimal dan tenaga SKPD Dinas Kebersihan dan Pertamanan pun sudah maksimal melaksanakan tugas rutinnya. Kami dari kelurahan mempunyai kewajiban untuk selalu mendukung dan mengimbau warga Kota Medan khususnya Kelurahan Babura, Kecamatan Medan Baru, untuk membuang sampah pada tempatnya. Semoga aksi kampanye Medan Bersih (yang kami inisiasi ini) mudah-mudahan dapat bermanfat bagi warga Kota Medan," harap Lurah Babura, A Zukri Al-Rasyid.

Tak hanya sekali ini saja, pihaknya akan menjadikan aksi kampanye ini sebagai program rutinitas dengan waktu satu jam dengan sasaran pengguna jalan.

"Mudah-mudahan (kampenye Medan Bersih ini) mengubah mindset warga dan warga pun mendukung untuk menjadikan Medan Bersih," timpalnya.

Selain dilakukan pihak Kelurahan Babura, aksi kampanye ini juga turut dihadiri Kepala Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kota Medan, HM Husni, anggota DPRD Medan, Adlin Tambunan, Ratna Sitepu, unsur OKP, PKK, pramuka.

"Dan kami sangat membutuhkan dukungan masyarakat untuk andil menjaga kebersihan," tandasnya.

Sementara itu, anggota DPRD Medan, Adlin Tambunan sangat mendukung aksi sosialisasi pentingnya menjaga kebersihan dan pentingya hidup sehat.

"Mudah-mudahan (pesan yang ingin dikemukakan) bisa tersampaikan kepada masyarakat," ujar politisi Partai Golkar Kota Medan ini.

Sebab, menurut putera Bupati Deli Serdang, Ashari Tambunan ini, kebersihan itu bukan hanya merupakan tanggung jawab pemerintah saja, tapi penting juga bagi masyarakat untuk turut serta bersama-sama membantu menjaga kebersihan di lingkungannya masing-masing.