LABUHANBATU - Pembinaan generasi muda melalui kegiatan pramuka adalah hal yang wajib. Makanya keberadaan sebuah lokasi bumi perkemahan sangat dibutuhkan sebagai sarana kegiatan perkemahan, baris berbaris, penjelajahan, aral rintang, dan kegiatan alam lainnya. "Pemkab Labuhanbatu telah berupaya mewujudkan adanya sebuah lokasi bumi perkemahan di Labuhanbatu. Alhamdulillah, izin penempatan lokasinya sudah kita peroleh yaitu terletak di Desa Bandar Kumbul, Kecamatan Bilah Barat. Dan, saya minta agar instansi terkait menindaklanjuti hal tersebut sehingga tertampung dalam APBD di dinas terkait," ucap Bupati Labuhanbatu, H Pangonal Harahap melalui Asisten II pemkab Labuhanbatu Nasarullah pada sosialisasi Pola Kemitraan Dalam Pengolahan Bumi Kawasan Hutan Masyarakat (KHM) di Aula Hotel Permata Land, Senin (24/7/2017).

Dengan terwujudnya lokasi bumi perkemahan Labuhanbatu, lanjut Nasrullah, maka diharapkan generasi muda dapat terhindar dari berbagai dampak negatif di era globalisasi saat ini seperti penyalahgunaan narkoba, pergaulan bebas, perkelahian pelajar, pencurian, geng motor dan kenalan remaja lainnya.

"Kami meminta dukungan masyarakat terkhusus kelompok tani yang ada agar kiranya dapat bersama-sama memaksimalkan program ini. Karena jika program ini dapat berjalan maksimal maka pembangunan untuk kesejahteraan masyarakat akan dapat terwujud melalui pendapatan aset daerah," ujarnya.

Dalam acara itu, turut dihadiri oleh Direktur Penyiapan Perhutanan Sosial Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia Erna Rosidiana dan pengelola bumi perkemahaan pramuka sukarela hutan kemasyarakatan Tanjung Pandan, Bangka Belitung, Dedi ilhamsyah sebagai pemateri dan juga dihadiri Ka Kwarcab Labuhanbatu Hj.Siti Awal Siregar beserta unsur pengurus serta seluruh kelompok tani Desa Bandar Kumbul, Kecamatan Bilah Barat.