PADANGSIDIMPUAN - Ruang pemulasaran jenazah di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Padangsidimpuan sangat menjijikkan. Hal ini dikarenakan terciumnya bau bangkai dari dalam ruangan penyimpanan. Kondisi ini diperparah dengan rusaknya alat pendingin penyimpanan jenazah sehingga bau bangkai tersebut menyebar hingga jarak 20 meter dari ruangan tersebut. "Bau busuk dari kamar mayat itu menyengat, Bang. Apalagi jika tiupan angin sedang mengarah ke mari, baunya menusuk sekali ke hidung jika kita sedang berada di luar kamar," ungkap salah seorang keluarga pasien di kamar VIP yang berjarak tidak jauh dari kamar mayat tersebut kepada GoSumut, Jumat (21/7/2017) malam.

Meskipun rusak, di dalam ruang pendingin terdapat mayat mr x yang sudah hampir satu bulan tak kunjung dikuburkan.

Kejadian matinya pendingin ini bukanlah yang pertama kalinya. Sekira dua bulan yang lalu kejadian yang juga pernah terjadi, sehingga mayat yang disimpan di dalam ruangan kamar mayat tersebut membusuk dan mengeluarkan bau tak sedap.

Salah seorang karyawan RSUD Padangsidimpuan yang tak mau namanya disebutkan membenarkan.

"Betul, Bang. Pendingin di kamar mayat ini sudah dua kali rusak sejak empat bulan terakhir ini, tapi saya tidak tahu apa penyebabnya. Kalau tidak salah, pendingin tersebut baru diperbaiki dua bulan yang lalu, sekarang sudah rusak lagi," terangnya.

Terkait kerusakan pendingin di ruang pemulasaran jenazah di RSUD Kota Padangsidimpuan ini, pimpinan rumah sakit ataupun perwakilannya ketika dikonfirmasi GoSumut, Sabtu (22/7/2017), tak satupun yang mau memberikan penjelasan.