SERDANG BEDAGAI - Setelah heboh munculnya pemberitaan puluhan penderita penyakit kusta terletak di Dusun 6, Desa Simpang Empat, Kecamatan Sei Rampah, Sergai terpaksa makan ubi kayu akibat tidak turunnya bantuan dari Dinas Sosial (Dinsos) Provsu.

Akhirnya Barita Sihite selaku Sekretaris Dinsos bersama rombongan menemui puluhan penderita penyakit kusta sempat mencari bantuan kepada para pengendara melintas dijalinsum tepatnya disekitar perkuburan muslim Desa Firdaus, Kecamatan Sei Rampah, Sergai.

Puluhan warga binaan Dinsos tersebut sempat enggan diajak Barita Sihite untuk kembali ke kompleks mereka di RS Kusta. Mereka memilih akan terus melakukan pengutipan uang kepada para pengendara.

“Kami akan terus mengutip uang di jalan supaya kami bisa makan nasi,” ujar mereka.

Kepada Sihite, puluhan penderita kusta tersebut minta mereka akan kembali ke rumah asalkan pihak Dinsos mau menyerahkan bantuan sesuai dan tidak ada pengurangan jatah mereka terima setiap bulannya.

“Kalau setuju dengan permintaan kami, maka kami baru mau pulang,” teriak puluhan penderita kusta.

Atas permintaan tersebut, Sihite akan berjanji menyelesaikan permasalahan bantuan dari Dinsos sesuai dengan jatah telah ditentukan tanpa ada pemotongan.

“Kami aja belum memberikan bantuan darimana bisa tau mau dipotong. Saya tanggungjawab tidak ada pemotongan jatah bapak/ibu,” bilang Sihite.