MEDAN-Pemerintah Kota (Pemko) Medan akan menyelenggarakan Pagelaran Multi Etnis Karnaval Budaya Rumah Kita tanggal 15 - 16 Juli di Lapangan Merdeka Medan.

Rangkaian acara memeriahkan Hari Ulang Tahun ke-427 Kota Medan ini juga menampilkan busana batik lokal dengan harapan tercatat di Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI).

Pelaksana Event Pagelaran Multi Etnis Karnaval Budaya Kota Medan Yandrinal mengatakan, selain menyajikan hiburan, acara ini bertujuan meningkatkan budaya kebersamaan, kepedulian dan rasa cinta kepada Kota Kedan untuk 'Medan Rumah Kita' sesuai tagline Pemko Medan.

"Paling substansif, untuk meningkatkan budaya kebersamaan, kepedulian dan rasa cinta kepada Medan Rumah Kita," katanya.

Segala persiapan tengah dilaksanakan agar event tersebut memberi kesan bagi seluruh warga Medan khususnya dan wisatawan. Adapun rangkaian acara diantaranya pagelaran etnis dan parade budaya, tarian kolosal multi etnis, penyerahan bantuan kepada kaum disabilitas, lucky draw dan hiburan band lokal.

"Insya Allah acara akan dibuka oleh Walikota Medan Dzulmi Eldin. Dalam karnaval budaya ini juga bertujuan membumikan batik Medan dan songket Deli," kata pengusaha JA Production ini.

Acara yang berlangsung selama dua hari, mulai Sabtu (15/7) pukul 16.00 WIB akan menampilkan berbagai hiburan, mulai band lokal, tarian multi etnis. Hari kedua dimulai dari pukul 08.00 WIB sampai pukul 12.00 WIB menjadi hari puncak kegiatan.

"Banyak kegiatan yang disuguhkan, satu diantaranya karnaval batik yang kita harapkan tercatat di MURI," katanya dan mengatakan akan ada karnaval mobil hias.

Juga pertunjukkan tarian 14 etnis, Melayu, Mandailing, India, Arab, Tionghoa, Karo, Minang, Simalungun, Mandailing, Nias, Pakpak, Dairi, Angkola dan Sibolga pesisir. "Untuk spesifikasi kegiatan kita memberikan yang terbaik," katanya.

Penyelenggara berharap masyarakat Kota Medan berbondong-bondong menyaksikan acara ke Lapangan Merdeka. Kemeriahan HUT ke-427 Kota Medan adalah bagian dari Medan Rumah Kita. Untuk itu masyarakat menjadi bagian tak terpisahkan dari acara tersebut.

"Yakin, masyarakat nggak akan menyesal menikmati rangkaian acara yang dikemas dengan menarik," katanya.