MEDAN-Garuda dalam program pelatihan profesi di bidang penerbangan komersial yang dirancang untuk membekali lulusan SMA/SMK untuk berkarir di dunia penerbangan komersil.

General Manager (GM) Garuda Indonesia Medan Dian Ediono melalui Supervisor Human Capital Garuda Bobby Pratama Saragih mengungkapkan, untuk Sumut ada tujuh orang peserta yang telah mengikuti pelatihan dalam program PKBL setelah sebelumnya mengikuti seleksi kepesertaan yang berasal dari seluruh Sumut.

"Hari ini kita menyerahkan sertifikat kepada tujuh orang peserta yang telah mengikuti training PKBL," kata Bobby.

Penyerahan dilakukan langsung di Kantor Garuda Indonesia Medan Jalan Walter Mongonsidi Polonia Medan. Dikatakannya, ketujuh peserta telah selesai mengikuti rangkaian pelatihan di Jakarta selama sebulan. Para peserta yang mengikuti pelatihan adalah para peserta yang lulus seleksi kepesertaan yang berasal dari seluruh Sumatera Utara.

"Diharapkan rangkaian pelatihan dapat bermanfaat pada pengembangan karir peserta kedepannya," imbuhnya.

Salah satu peserta PKBL Aidil Setiawan Hadi mengaku selama pelatihan yang digelar selama lebih kurang sebulan tersebut mereka para peserta mendapat ilmu yang sangat banyak. Aidil menjadi peserta yang mengikuti kelas cargo training. Selain cargo training, ada juga kelas sales business training serta airline business training.

"Rasanya senang dan bangga mendapat pendidikan dari maskapai terbaik ada banyak ilmu yang didapat selama pelatihan, semisal penanganan barang-barang berbahaya dalam penerbangan," kata Aidil.

Dengan bekal pendidikan yang dienyam tersebut, Aidil yang lulusan SMK ini mengaku akan semaksimal mungkin memanfaatkan ilmu yang didapatnya selama pelatihan. "Kami berharapnya sih bisa mengabdi pada Garuda," tambahnya.