MEDAN - Sejumlah SMA dan SMK di Provinsi Sumatera Utara (Sumut) yang belum memenuhi kuota telah kembali membuka Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) secara online tahap II. Kepala SMA Negeri 1 Medan Hj Safrimi mengatakan, pendaftaran PPDB online tahap II telah dibuka mulai Rabu (12/7/2017) kemarin dan akan berakhir pada Senin (17/7/2017) mendatang.

"Sudah dibuka pendaftarannya tanggal 13 sampai 17 Juli. Tahap II ini tak jauh beda dengan yang yang pertama," ujar Safrimi, Kamis (13/7/2017).

Disebutkannya, PPDB online tahap II tersebut diperuntukkan bagi sekolah yang mengalami kekurangan kuota. Artinya, kuota yang sudah diberikan dan ditetapkan namun tak terpenuhi. Misalnya, yang dibutuhkan 60 murid tetapi yang mendaftar hanya 50 orang.

"Kalau sekolah di Medan termasuk SMA Negeri 1, saya rasa tidak ada lagi PPDB tahap II. Sebab, kuota yang ditetapkan sudah terpenuhi. Jadi, kemungkinan yang menyelenggarakannya sekolah-sekolah di luar Medan. Kalau tidak salah sekolah di Tebing Tinggi atau Nias," sebut Safrimi.

Senada dengan Safrimi diutarakan Kepala SMA Negeri 4 Medan, Ramly kalau pihaknya tak menggelar PPDB tahap II dikarenakan kuota sudah tercukupi.

"Kuota siswa baru yang diterima melalui sistem PPDB online sudah terpenuhi sesuai yang ditetapkan, baik yang jalur akademik maupun non akademik. Setiap kelas diisi maksimal 36 siswa," tuturnya.