MEDAN-Ketua Ikatan Pengusaha Muslimah Indonesia (IPEMI) Sumut, Hj Yulidar Bugis, SE, didampingi Gubernur Sumatera Utara yang diwakili oleh Staf Ahli bidang hukum, politik dan pemerintahan, Nouval Mahyar, SH, meresmikan kantor sekretariat sekaligus Pusat Pelatihan dan Galeri UKM IPEMI Sumut yang berada di jalan Bunga Raya No.9 Kelurahan Asam Kumbang, Kecamatan Medan Selayang.

Pusat Pelatihan dan Galeri IPEMI diperuntukkan bagi seluruh pengusaha UKM yang
bergabung dalam IPEMI serta kalangan muslimah yang berminat untuk menjadi pengusaha. Pelatihan meliputi bidang usaha salon dan spa, kuliner dan butik serta fashion. Turut hadir dalam acara Konjen India, Konjen Malaysia, Camat Asam Kumbang, M Eldiansyah P Rangkuti dari Divisi UMK Bank Sumut, perwakilan dari BRI, Bank Mandiri, Kantor Pos Medan dan kalangan pengusaha UKM.

Dalam sambutannya yang didampingi Koordinator IPEMI Sumut bidang UKM, Sri Wartawati, Yulidar menjelaskan, keberadaan Pusat Pelatihan dan Galeri UKM yang secara resmi memulai operasionalnya pada hari itu, merupakan wujud kesungguhan IPEMI dalam memfasilitasi pengusaha UKM serta ibu-ibu rumah tangga dan kalangan muslimah untuk merintis usaha hingga mampu mandiri secara ekonomi.

Sebagai pusat pelatihan bagi kalangan UKM, di tempat tersebut telah disediakan pelatih-pelatih andal dan bersertifikat nasional untuk meningkatkan ketrampilan dan kreativitas produk usaha, baik yang telah maupun akan dimiliki. Materi pelatihan pun telah selaras dengan materi yang berlaku di lembaga-lembaga pendidikan ketrampilan terkemuka.

“Kami berharap agar keberadaan Pusat Pelatihan dan Galeri IPEMI Sumut ini dapat membantu para pengusaha UKM dalam mengembangkan kreativitas dan mutu produknya, yang bermuara pada tujuan memenangkan kompetisi di pasar internasional. Semua produk yang ada di galeri ini adalah produk-produk yang dihasilkan oleh pengusaha UKM binaan IPEMI dan masyarakat yang mengikuti pelatihan di sini,” imbuh Yulidar.

Ke depannya Yulidar berharap, dengan adanya Pusat Pelatihan dan Galeri IPEMI Sumut dapat meningkatkan minat, kualitas dan kuantitas muslimah yang memilih berwirausaha. Tempat pelatihan juga dilengkapi dengan pusat bermain bagi anak sehingga kalangan muslimah tak perlu cemas harus meninggalkan anaknya saat sedang mengikuti materi latihan.

“Semakin banyak pengusaha UKM muslimah maka akan sem akin kokohlah perekonomian umat. Dengan demikian ke depan kita akan mampu mewujudkan pasar tradisional muslimah. Tentunya untuk hal ini kami sangat mengharapkan bantuan dan dukungan pemerintah provinsi dan kotamadya dalam mewujudkannya,” tandas Yulidar.

Sementara itu, Gubsu yang diwakili Staf Ahli bidang hukum, politik dan pemerintahan, Nouval Mahyar, SH, dalam sambutan menyampaikan dukungan sepenuhnya dan mengapresiasi langkah-langkah cepat yang diinisiasi oleh IPEMI Sumut dalam menggerakkan ekonomi dan meningkatkan kreativitas pengusaha muslimah.

Seusai pengguntingan pita sebagai tanda resmi dibukanya Pusat Pelatihan dan Galeri IPEMI Sumut, Ketua IPEMI memandu Nouval Mahyar, SH serta seluruh undangan yang hadir meninjau ruang demi ruang yang ada. Beberapa produk terlihat diminati dan langsung dibeli oleh undangan yang hadir dalam kesempatan itu. Acara juga dirangkaikan dengan kegiatan halal bihalal antara pengurus dan anggota IPEMI Sumut, yang berlangsung hingga jelang sore.