MEDAN-Dua hari terakhir harga ayam potong di sejumlah pasar tradisional mulai bergerak turun. Nilainya berkisar Rp 4.000 hingga 6.000 per kg dibandingkan pekan pertama setelah Lebaran.

Di Pasar tradisional Sikambing di mana ayam potong ini dipasarkan di kisaran Rp 26.000 hingga Rp 28.000 per kg. Akan tetapi meski harga mengalami penurunan, namun permintan akan ayam potong ini justru merosot.

"Sekarang ini, permintaan mulai sepi. Tapi pekan pertama Lebaran, rata-rata setiap hari ada peningkatan yang signifikan hingga mencapai 80%," ujar Romi pedagang ayam potong di pasar tradisional Sikambing Medan.

Sedangkan untuk suplai ayam potong cukup banyak. Hanya saja ukuran ayam potongnya agak besar. Di sisi lain, penurunan harga ayam potong ini juga diamini pedagang tradisional Pusat Pasar, Idrus.

Diakuinya, sejak beberapa hari ini harga ayam potong mulai bergerak turun. "Setelah lebaran masih sempat bertahan diharga Rp 30.000 per kg, sekarang ini sudah turun Rp 26.000 per kg," ujarnya.

Sementara Sarah seorang konsumen menyambut positif penurunan harga ayam potong ini. "Harga ayam potong memang sudah turun, tadi kita belanja sekilonya Rp 26.000, yang mahal itu sekarang ikan," ujar pemilik warung nasi di kawasan Jalan M Yamin ini.