MEDAN - Dalam amanatnya pada HUT ke-71 Bhayangkara Tahun 2017, yang dilaksanakan di Lapangan KS Tubun Mapolda Sumut, Senin (10/7/2017),  Presiden RI menginstruksikan kepada jajaran Kepolisian RI untuk terus meningkatkan kinerjanya melalui upaya-upaya sebagai berikut : 1. Perbaiki manajemen internal Polri untuk menekan budaya negatif seperti korupsi, penggunaan kekerasan yang berlebihan dan arogansi kewenangan.

2. Mantapkan soliditas internal dan profesionalisme Polri guna mendukung terwujudnya Indonesia yang berdaulat, mandiri dan berkepribadian.

3. Optimalkan modernisasi Polri dengan penggunaan teknologi informasi dalam pelayanan publik.

4. Tingkatkan kesiapsiagaan operasional, melalui upaya deteksi dini dan deteksi aksi dengan strategi Polisional proaktif dengan demikian Polri tetap dapat lincah bertindak dalam menghadapi perkembangan situasi yang meningkat secara cepat.

5. Tingkatkan kerjasama, koordiansi dan komunikasi dengan semua elemen, baik pemerintah mapun masyarakat serta kolega internasional sebagai impelementasi pendekatan sinergi Polisional, guna mewujudkan situasi kamtibmas yang kondusif.

Selaku Kepala Negara tetap berkomitmen untuk mendukung terbentuknya Polri yang kuat, handal dan profesional, supaya tugas Polri untuk menjaga stabilitas kamtibmas menegakkan hukum dan sebagai pelindung, pengayom dan pelayan masyarakat dapat dilaksanakan secara optimal.