MEDAN - Seleksi penerimaan mahasiswa baru perguruan tinggi negeri (PTN) hingga kini masih terus dibuka. Ssalah satunya yakni Universitas Sumatera Utara (USU) masih menerima pendaftaran. Kepala Bagian Humas USU Bisru Hafi mengatakan, untuk pendaftaran jalur mandiri tahun ini telah dibuka sejak 12 Juni lalu melalui online di situs penerimaan.usu.ac.id. Pendaftaran berakhir pada 7 Juli mendatang.

“Ujian seleksi pada jalur ini dijadwalkan pada 11 Juli, yang dimulai pukul 07.30 WIB. Bagi mereka yang telah mendaftar, wajib hadir 30 sebelum ujian dimulai,” ujar Bisru saat dihubungi, Selasa (4/7/2017).

Diutarakannya, ujian yang akan dihadapi para peserta dilakukan secara tertulis. Meliputi, tes kemampuan dasar IPA, tes kemampuan dan potensi akademik (TKPA) serta tes kemampuan dasar IPS.

“Hasil ujian akan diumumkan pada 20 Juli 2017,” papar Bisru.

Dia menyebutkan, pada jalur penerimaan ini USU menyediakan daya tampung atau kuota sebanyak 2.053 kursi. Kuota tersebut untuk 47 program studi untuk jenjang sarjana (S1).

“Sampai hari ini, jumlah pendaftar mencapai 5.778 orang. Jumlah tersebut terbagi dalam tiga kelompok yaitu IPA 2.861 orang, IPS 2.025 orang dan IPC 892 orang,” beber Bisru.