JAKARTA-Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat tiba di Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur. Djarot tiba sekitar pukul 10.30 WIB untuk menyambut Obama.

Pantauan di lokasi, Minggu (2/7/2017). Djarot yang mengenakan batik coklat langsung masuk ruang Sasana Manggala Praja. Selain itu, Wakapolda Metro Jaya Brigjen Pol Suntana dan Kapolres Jakarta Timur Kombes Andry Wibowo juga terlihat di lokasi.

Namun, Djarot dan Brigjen Pol Suntana tak memberikan keterangan apapun kepada awak media. Keduanya langsung menuju ruang VVIP Bandara Halim Perdanakusuma.

Sekitar lima menit kemudian, Obama dan rombongan tiba di Bandara Halim. Rombongan langsung masuk ke ruang Sasana Praja, ruang VIP. Lokasi tersebut tertutup untuk wartawan.

Selain itu, personel aparat keamanan sedang berjaga-jaga di sekitar Bandara Halim. Mereka melakukan sterilisasi ruang VVIP untuk menjaga keamanan kedatangan mantan Presiden Amerika Serikat Barack Obama.

Diketahui, mantan Presiden Amerika Serikat, Barack Obama dan keluarga akan berangkat ke Seoul, Korea Selatan pada siang ini. Obama dijadwalkan akan menghadiri acara Asian Leadership Conference (ALC).

ALC digelar pada 3 sampai 4 Juli 2017 di Walkerhill Hotel, Seoul, Korea Selatan. Merujuk pada situs resmi konferensi tersebut, Obama dijadwalkan akan menjadi keynote speaker. Dalam acara itu bertema towards cooperation and prosperity.

Selain Obama, mantan Perdana Menteri Britania Raya David Cameron, mantan Perdana Menteri Jepang Fukuda Yasuo, mantan Perdana Menteri Italia Enrico Letta dan mantan Perdana Menteri Finlandia Esko Aho. Tak hanya itu, Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal Indonesia Thomas Trikasih Lembong, CEO of Mars One Bas Lansdorp dan CEO of Dubai Future Accelerators H.E. Khalfan Belhoul.