MEDAN-Wali Kota Medan, Drs H T Dzulmi Eldin S MSi menghimbau kepada seluruh camat, lurah dan kepala lingkungan untuk lebih peduli dengan keamanan lingkungan di wilayah tugasnya masing-masing.

Satu di antaranya dengan mengaktifikan kembali sistem keamanan lingkungan (siskamling). Hal ini penting dalam rangka memberikan rasa aman dan nyaman bagi seluruh masyarakat yang bermukim di Kota Medan.

Instruksi ini disampaikan Wali Kota menyikapi kondisi kamtibmas teranyar di Kota Medan. Yakni kasus penyerangan Markas Polda Sumut oleh dua orang pria yang diduga jaringan teroris.

"Saya minta kepada seluruh camat, lurah dan kepling untuk peduli dan tanggap dengan sistem keamanan di wilayah tugasnya masing-masing. Mereka harus mengetahui sekecil apapun peristiwa yang terjadi di wilayahnya," kata Wali Kota saat menggelar Open House Hari Raya Idul Fitri 1438 H, di kediamannya Jalan Sudirman Medan, Minggu (25/6).

Selain mengaktifkan kembali siskamling, Wali Kota juga minta kepada apraturnya yang bersentuhan lansung dengan masyarakat, harus bersinergi dengan babinsa dan babinkamtibmas.

"Saya yakin jika sinergitas ini terbangun dengan baik, insya Allah Kota Medan akan lebih aman. Apalagi jika seluruh lapisan masyarakat ikut mendukung," ungkapnya.

Menurut Wali Kota, dukungan masyarakat dapat diwujudkan dalam bentuk memberikan informasi, termasuk segera melaporkan ke pihak berwenang apabila menemukan orang tidak dikenal dengan gelagat mencurigakan di sekitar tempat tinggal masing-masing.

"Jadi saya mengajak seluruh masyarakat untuk bersama-sama agar selalu peka dan harus peduli dengan lingkungan tempat tinggalnya. Jika melihat ada hal-hal yang mencurigakan, segera laporkan kepada aparat keamanan. Karena Medan adalah rumah kita sehingga harus kita jaga bersama-sama," ujarnya.