MEDAN - Terhitung Jumat (23/6/2017), hingga 10 hari ke depan, pelayanan poliklinik yang melayani pasien rawat jalan di Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) H Adam Malik dan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Dr Pirngadi Medan tutup. "Poliklinik tutup dari tanggal 23 Juni sampai 2 Juli 2017. Poliklinik aktif kembali melayani pasien rawat jalan pada 3 Juli 2017," kata Kasubag Humas RSUP H Adam Malik, Masahadat Ginting dan Kasubag Hukum dan Humas RSUD Dr Pirngadi Medan, Edison Perangin-angin SH MKes saat dikonfirmasi secara terpisah, Kamis (22/6/2017).

Masahadat mengatakan pada hari libur, rumah sakit milik Kemenkes RI itu sudah memiliki prosedur tetap (protap) terkait pelayanan medis. Sehingga, pasien-pasien yang datang akan dilayani di Instalasi Gawat Darurat (IGD).

"Namun pasien rawat inap akan dirawat seperti biasa. Jadwal dokter yang bertugas pun sudah kita atur," ungkapnya.

Dikatakannya, selain dokter umum, setiap harinya 5 dokter spesialis akan tetap siaga di unit IGD. Yakni dokter spesialis penyakit dalam, dokter spesialis anak, dokter spesialis kebidanan dan kandungan, dokter spesialis bedah dan dokter spesialis anastesi.

“Selain dokter-dokter yang siaga, semua dokter juga siap jika dilakukan on call (dihubungi), untuk antisipasi kasus darurat,” jelasnya seraya menambahkan kasus-kasus darurat seperti kecelakaan, yang perlu diantisipasi.

Untuk pasien-pasien penyakit kronis seperti diabetes yang membutuhkan obat harian, katanya, pasokan obatnya akan ditambah, hingga operasional poliklinik rawat jalan kembali beroperasi.

"Jadwal operasi pun sudah kita atur," ujarnya.

Operasional Tetap

Terpisah, Edison Perangin-angin juga menuturkan rumah sakit milik Pemko Medan ini libur pada tanggal 23 Juni (hari ini). Meski pegawai libur, namun operasional rumah sakit tetap berjalan. Untuk pelayanan kesehatan tetap buka dan satu pintu di serahkan ke IGD.

"Untuk libur pelayanan umum tetap ada melalui IGD. Seluruh petugas sudah di bagi-bagi jadwalnya dan kita siap membantu masyarakat," tukasnya.

Meski libur, sambungnya, pasien rawat inap akan dilayani seperti biasa. Karena itu, masyarakat diminta tidak khawatir, karena layanan kesehatan tetap bisa diberikan meski libur.