MEDAN-Malaysia kian serius mengejar pasar Sumatera Utara, khususnya Medan, bahkan tampak jor joran menjual pasar belanja yang dimilikinya. Melalui Tourism Malaysia Medan, meluncurkan "Malaysia Shopping Heaven Package 2017" bersama konsorsium travel agent di Medan.

Acara ini rencananya dilakukan Deputy Director General Tourism Malaysia Dato" Sri Abdul Khani Daud. Karena satu dan lain hal, diluncurkan Director Tourism Malaysia Medan Azhari Haron. Dalam sambutannya Dato" Sri Abdul Khani Daud yang dibacakan Azhari, mengatakan, acara ini merupakan bagian dari upaya Pemerintah Malaysia mempromosikan serta memantapkan Malaysia sebagai sebuah tujuan belanja kelas dunia.

Dijelaskannya, Malaysia telah menunjukkan pertumbuhan positif pada jumlah kedatangan dan penerimaan pada tahun 2016. Tercatat Malaysia menyambut 26.757.392 wisatawan terutama dari Singapura, Indonesia, Thailand, Brunei, China dan Saudi Arabia. "Ada pertumbuhan 4% dari kedatangan dibanding tahun 2015. Kampanye nasional tahunan untuk berbelanja ini diadakan tiga kali setahun yang terdiri dari 1Malaysia Super Sale (1-31 Maret), 1Malaysia Mega Sale Carnival (15 Juni-31 Agustus) dan Penjualan Akhir Tahun 1Malaysia (1 November-31 Desember)," ujarnya.

Total penerimaan dari wisatawan untuk tahun 2016 kata dia, mencapai RM 82,1 miliar, meningkat 18,8% dibandingkan pada tahun 2015 yang hanya RM69,1 miliar. "Pengeluaran turis untuk sektor berbelanja di Malaysia mencapai RM 26 miliar, meningkat 20,3%, tahun 2015 hanya RM21,6 miliar. Ini merupakan bagian terbesar dari belanjaturis, menjadikan belanja sektor penting industri pariwisata Malaysia, nilai tukar Rupiah saat ini telah membuat belanja lebih terjangkau di Malaysia," ungkapnya lebih lanjut.

Pencitraan belanja Malaysia berpusat pada konsep "Experiential Shopping" yang mempromosikan Malaysia sebagai tujuan belanja yang menyenangkan dan sehat. Hal ini dimungkinkan dengan dukungan lebih dari 500 pusat perbelanjaan terpadu dan gerai ritel di Malaysia, jumlahnya meningkat setiap tahun.

Azhari menambahkan, tahun ini hadir hub ritel dan gaya hidup baru, termasuk KL Gateway Mall di Kuala Lumpur dan Genting Premium Outlets di Genting Highlands, yang selanjutnya akan merangsang untuk berbelanja di Malaysia.

Hadir saat itu Malaysia Shopping Consortium Agent di Medan antara lain Raya Utama Travel, Berjaya Tour & Travel, Maju Ika Jaya, Rasa Sayang dan Jess & Co Travel. Secara bersama-sama mempromosikan paket-paket wisata belanja ke Malaysia untuk masyarakat Sumatera Utara dan kota Medan umumnya.

Di antara paket-paket yang dilancarkan antara lain Medan-Kuala Lumpur 3 hari 2 malam mulai dari Rp 360,000 per pax, Medan-Penang 3 Hari 2 Malam Rp 390,000 dan Medan-Ipoh 3 hari 2 malam rp 520,000 per pax.