MEDAN-Sekretariat HMI Cabang Medan, yang menggelar Konferensi HMI Cabang Medan XLIII (43) yang sudah digelar sejak 12 Mei 2017 lalu.Jalan Adinegoro, Medan diwarnai ricuh.

Peristiwa kerusuhan tersebut dipicu karena salah satu kandidat HMI Cabang Medan yang akan dipilih dalam forum tersebut, Angga Saputra telah memiliki suara dukungan sebanyak 15 komisariat dari total 29 komisariat.

Saat itu, pendukung kandidat lainnya mengikuti forum dengan tidak kondusif, bahkan cenderung anarkis, seperti melempar kursi dan mengintimidasi pimpinan sidang.

“Sebelum kerusuhan itu bang, peserta yang mendukung kandidat selain Angga Saputra itu melempar kursi dan mengintimidasi saya,” kata Bagus Zuliansyah, Pimpinan Sidang, saat dijumpai di Rumah Sakit Umum Pirngadi.

Bahkan, Bagus sebagai pimpinan sidang sempat pingsan setelah mendapat pukulan dari beberapa peserta.

“Salah satu yang mukuk saya itu bang namanya Azizi dari HMI Komisariat FBS UNIMED,” jelas Bagus.

Beruntung aparat kepolisian dari Polrestabes Medan sigap menangani situasi, dan langsung melarikan Bagus ke RSU Pirngadi.

Hal tersebut mendapat respon dari Ketua Umum Badko HMI Sumut Septian Fujiansyah Chaniago. Dirinya mengatakan kejadian ini mencoreng nama baik HMI

“Seharusnya ini tidak boleh terjadi. Kerusuhan ini adalah hal yang memalukan, mencoreng nama baik HMI, apalagi tadi sampai ada tindakan yang mengarah ke pelanggaran pidana. Beruntung pihak kepolisian segera mengamankan, dan saya sangat berterima kasih sekaligus mengapresiasinya,” tegasnya.

Selain Bagus Zuliansyah sebagai pimpinan sidang, salah satu kader dari HMI Komisariat FT USU Fauzi Perinta Tarigan, juga turut menjadi korban pemukulan yang dilakukan oleh salah satu kader HMI Komisariat FP USU Dwi Putra. Bahkan pemukulan dilakukan dengan menggunakan helm sebagi senjata yang kemudian menyebabkan luka-luka di bagian kepala Fauzi Perinta Tarigan Tersebut.

“Padahal tadi bang si Fauzi itu mau mencoba melindungi pimpinan sidang (Bagus) dari peserta forum yang coba mau mendekati dia dengan emosi. Tapi tiba-tiba si Fauzi dipukul si Dwi Putra Itu,” terang M. Iqbal, Ketua Umum HMI Komisariat FT USU.