ASAHAN-Pemerintah Kabuapten Asahan ikut berpartisipasi mengamankan jalur mudik 2017 di sepanjang Jalan Lintas Sumatera (Jalinsum) mulai dari Kecamatan Meranti hingga Kecamatan Aek Ledong dengan menyiagakan 11 Puskesmas.

Hal itu diterankan Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Asahan dr Aris Yudhariansyah MM melalui Plt Kadis Kominfo Rahmat Hidayat Siregar, ada 11 Puskesmas yang disiagakan untuk ikut membantu mengamankan kesehatan di jalur mudik mulai dari Kecamatan Meranti hingga Kecamatan Aek Ledong, jelas Rahmat Hidayat.

Selain menyiagakan 11 Puskesmas, Dinas Kesehatan juga menerjunkan personilnya Pos Pengamanan dan Pos Pelayanan bergabung dengan instasi lain yang didirikan pihak Kepolisian dalam hal ini Polres Asahan, ”Enam Pos itu meliputi Pos Pam Meranti, Pos Pelayanan Simpang Katarina, Pos Pam Simpang Kawat, Pos Pam Àirbatu, Pos Pam Pulo Rakyat dan Pos Pam Aek Ledong,” bebernya.

11 Puskesmas yang disiagakan, Puskesmas Meranti, Gambir Baru, Mutiara, Sidodadi, Simpang Empat, Hesa Airgenting, Aibatu, Teluk Kiri, Pulo Rakyat, Aek Loba dan Pusksemas Aek Ledong.

Petugas yang ditempatkan di masing–masing pos dikordinir langsung oleh Kepala Puskesmas, ”Mereka akan membantu pemudik yang membutuhkan pelayanan kesehatan, jika mengalami permasalahan langsung pasien dirujuk ke Puskesmas terdekat,” tambahnya.

Kami juga menggimbau bagi calon pemudik yang akan melintasi wilayah Kabupaten Asahan, jangan sungkan untuk meminta bantuan kesehatan jika mengalami gangguan kesehatan di perjalanan, ”Jaga kondisi kesehatan saat dalam perjalanan dan jika membutuhkan bantuan kesehatan silahkan mampir di pos–pos yang sudah disediahkan,“ imbaunya.