SIBOLGA-Pemkab Tapanuli Tengah (Tapteng) akan mempercantik wajah Kota Pandan sebagai ibukota kabupaten. Sjumlah pembenahan sarana infrastruktur maupun fasilitas umum dan tempat-tempat wisata akan ditata dan dibenahi.

Untuk tahap awal, Pemkab akan menata jalan-jalan kota dengan memasang lampu-lampu penerangan jalan dan membangun pedestrian bagi pejalan kaki.

Hal ini disampaikan Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Tapteng, Basyri Nasution SP saat melakukan peninjauan bersama konsultan, di Pandan.

"Untuk menata Kota Pandan supaya lebih bagus dan indah, nanti akan kita pasang lampu jalan, pedestrian untuk pejalan kaki di Kota Pandan," ujar Basyri Nasution.

Basyri menyampaikan, seluruh trotoar di ruas jalan di Kota Pandan akan diperbaiki, mulai dari persimpangan lampu merah menuju kantor bupati hingga ujung Jalan Tukka, jalan kantor DPRD dan jalan depan perumahan TNI AU.

"Terkait tanaman yang sudah ada di trotoar, akan kita serahkan kepada konsultan bagaimana desainnya nanti," tuturnya.

Pemkab akan merancang Kota Pandan dan tempat-tempat wisata menjadi landmark (ikon) yang nantinya menjadi indentitas daerah.

Dengan adanya landmark ini, lanjut Basyri, Kota Pandan sebagai ibukota kabupaten akan menjadi lebih menarik dan mempunyai ciri khas yang akan membentuk kesan tersendiri bagi setiap orang yang berkunjung.

"Sehingga orang yang berkunjung atau sekadar melintasi Kota Pandan akan terkesan. Apalagi pengunjung dari kota lain masih kesulitan menemukan penanda Kota Pandan. Untuk itu kita kan buat landmark-nya," ungkap Basyri.

"Dalam konsepnya, anggarannya akan mencapai Rp 50 miliar kalau mau kota ini menjadi bagus dan indah," imbuhnya.