MESKIPUN dalam kondisi berpuasa, namun tidak membuat pegulat binaan Pusat Pendidikan dan Latihan Pelajar (PPLP) Sumatera Utara ini kendur latihan. Bahkan, pemilik nama lengkap Ilham Maulana ini tetap semangat berlatih meski sedang menjalani ibadah puasa selama bulan Ramadhan 1438 Hijriyah. "Puasa bagi saya bukanlah suatu halangan untuk terus berlatih. Malah, saya sangat terpacu untuk terus berlatih dan berlatih," ucap Ilham, Senin (5/6/2017).

Siswa kelas XI SMK Mulia ini mengaku, berlatih di bulan Ramadhan justru efeknya sangat baik baginya. Meski harus menahan haus dan lapar selama lebih dari 13 jam, Ilham tetap merasa bugar dan tidak berpengaruh sedikitpun bagi fisiknya selama latihan.

"Selama puasa saya gak ngerasa capek. Justru tubuh ini terasa lebih ringan. Makanya, ini yang menambah saya lebih bersemangat." jelas Ilham.

Selain rutin menjalani latihan di bawah asuhan pelatih Mangasi Simangunsong, Ilham juga tidak meninggalkan aktivitas salat tarawih dan tadarus bersama rekan sesama atlet yang beragama muslim.

Karena makna Ramadhan baginya adalah bulan penuh keberkahan serta momentum untuk meningkatkan amal ibadah kepada Tuhan Yang Maha Esa.

"Insya Allah Bang, sampai saat ini puasa tidak ada yang tinggal. Abis tarawih, kita juga sering tadarus bersama, abis itu baru apel," ucap Ilham.

Lebih lanjut dikatakan atlet yang pernah membela tim merah putih ini, latihan keras menjadi keharusan baginya, terutama untuk berlaga di even nasional. Seperti kejurnas antar PPLP pada Agustus, serta Pekan Olahraga Pelajar Nasional (Popnas) di Jawa Tengah pada September mendatang.

"Kemungkinan kami akan ikut dulu di kejurda piala Gubsu dan Walikota Cup Tanjungbalai. Jadi, butuh persiapan yang panjang karena sudah banyak even yang menanti," tuturnya.