MEDAN-Aiptu (anumerta) Jakamal Tarigan, anggota Satres Narkoba Polrestabes Medan yang dibunuh saat melerai pertikaian di lahan garapan Pasar IV, Desa Serba Guna, Labuhan Deli, Deliserdang, Sumatera Utara selama ini dikenal sebagai pribadi yang mudah bergaul.

Menurut rekan seangkatannya di kepolisian, almarhum Jakamal adalah sosok yang humoris.

"Almarhum (Jakamal) ini adalah teman akrab kami di angkatan 18 lulusan Dikmaba (Pendidikan Pertama Bintara) 1997-1998. Semasa hidupnya, almarhum adalah orang yang bersahaja. Beliau ini suka humor. Apabila kita berdampingan dengannya, pasti kita semua selalu tertawa," kata AKP Martualesi Sitepu, yang diberi kesempatan memberikan ucapan belasungkawa di rumah duka Jalan Mawar, Gang Setia No167, Dusun II, Desa Helvetia, Deliserdang.

Martualesi mengatakan, dirinya juga kaget ketika mendengar kabar Jakamal terbunuh. Apalagi, korban dihabisi dengan cara yang begitu tragis oleh para pelaku yang berjumlah lebih dari empat orang.

"Tadi malam, beliau dipanggil Tuhan. Semoga, amal dan ibadah beliau diterima di sisi Tuhan Yang Maha Kuasa," ungkap pria yang kini menjabat sebagai Wakapolsekta Medan Barat ini dengan nada suara bergetar, dan kedua mata berkaca-kaca.

Selaku ketua angkatan 18, Martualesi dan teman-temannya merasa bertanggungjawab dengan keluarga almarhum Jakamal.

Apabila keluarga almarhum membutuhkan sesuatu, kata Martualesi, dirinya dan angkatan 18 siap membantu dengan setulus hati.

Terpisah, Wahyu Sudibyo (59), mertua almarhum juga sangat terpukul dengan kejadian ini. Ia begitu kesal kenapa menantunya itu dihabisi, padahal hanya berniat ingin memisah perkelahian.

"Saya berharap, para pelaku ini bisa ditangkap. Semasa hidupnya, almarhum ini orang yang baik dan tidak pernah buat masalah," ungkap Sudibyo.