MEDAN - Manajemen PT Bank Sumut mendukung Pemerintah Kota Tebingtinggi dan daerah lain di Sumatera Utara menjadi kota pintar dengan menerapkan e-government. "Dukungan Bank Sumut diwujudkan dengan ajakan dan siap membantu Pemkot Tebingtinggi mewujudkan transpransi keuangan," kata Direktur Pemasaran Bank Sumut Ester Junita Ginting di Medan, Jumat (2/6/2017).

Ia mengatakan hal itu usai melakukan sosialisasi dengan jajaran Pemkot Tebingtinggi untuk bisa menerapkan aplikasi cash management system (CMS) Kasda Online terintegrasi dengan sistem informasi manajemen daerah (Simda) dan modul penerimaan negara generasi ke-2 khusus untuk Pemerintah Provinsi Sumatera Utara dan kabupaten/kota di Sumut.

Sosialisasi itu merupakan salah satu wujud pelayanan terbaik Bank Sumut sebagai bank pelayanan publik dan mendukung terwujudnya pengelolaan keuangan daerah yang trasparan, akuntabel, dan dapat dipertanggungjawabkan sehingga tercipta pemerintahan yang bersih di Sumut.

Menurut Ester, Bank Sumut sudah mengembangkan aplikasi CMS Kasda Online terintegrasi dengan Simda dan modul penerimaan negara generasi ke-2 khusus untuk Pemprov Sumut dan kabupaten/kota di Sumut.

CMS Kasda Online Bank Sumut sudah diimplementasikan sejak 2009 di Pemprov Sumut dan terus dikembangkan sejalan dengan kebutuhan pemerintah daerah sesuai dengan perkembangan ketentuan dan kebijakan pengelolaan keuangan daerah.

CMS Kasda Online sendiri dibangun dengan suatu pendekatan yang mengintegrasikan alur pencairan SP2D dan transaksi perbankan yang memungkinkan pemda sebagai end user melakukan monitoring transaksi pencairan dana APBD secara realtime.

Dalam perkembanganannya CMS Kasda Online selanjutnya diintegrasikan dengan aplikasi Simda guna tingkatkan akuntabilitas pengelolaan keuangan.

CMS Kasda Online yang terintegrasi dengan Simda BPKP diimpelemtasukan pertama kali pada Pemkab Serdang Bedagai pada tahun 2014.

Berikutnya, Samosir, Humbang Hasundutan, dan direncanakan selanjutnya bisa diimplementasikan secara menyeluruh pada 28 pemerintah daerah lainnya di Sumut.

Pemerintah daerah yang telah menggunakan Simda BPKP yang akan dilakukan secara bertahap pada tahun 2016 dengan pedampingan penuh oleh BPKP.

"Pada tahun ini Bank Sumut mengembangkan CMS Kasda Online yang terintegrasi degan modul penerimaan negara generasi ke-2 yang akan memberikan kemudahan bagi pemerintah dalam melakukan monitoring penerimaan negara dalam satu sistem yang terintegrasi," kata Ester.

Saat ini sudah ada 14 kabupaten/kota yang sudah menggunakan CMS Kasda Online terintegrasi dengan Simda dan tahun ini akan diimplementasikan pada 10 pemerintah kabupaten/kota lainnya," katanya.

Bank Sumut sendiri juga sudah mengembangkan sistem online penerimaan kas daerah secara "host to host" untuk menerima pembayaran pajak/retribusi daerah dan seluruh penerimaan daerah yang sah sesuai dengan perundang-undangan yang dapat dibayarkan melalalui delivery channel Bank Sumut (teller dan SMS banking).

Diharapkan implementasi sistim itu akan bisa cepat mewujudkan keinginan Pemkot Tebingtinggi sebagai kota pintar yang pada akhirnya akan tercipta kepemerintahan yang bersih dan bertanggung jawab seperti yang diharapkan Gubernur Sumut H.T. Erry Nuradi atas Sumut.

Ester menegaskan bahwa penyediaan aplikasi mobile berbasis online yang telah disesuaikan dengan aplikasi smartphone memungkinkan bisa dipantau setiap saat.