MEDAN - Ketua Bawaslu Sumut, Syafrida R Rasahan mengakui perlunya bantuan masyarakat dalam mengawasi pelaksanaan agenda Pilkada serentak 2018 di Sumatera Utara (Sumut). "Kita memang harus menggandeng seluruh pihak, untuk kita sebarkan kepada seluruh lapisan masyarakat. Kalau Pilgubsu sebentar lagi dan untuk pengawasannya mari kita awasi bersama. Kalau ada yang salah informasikan kepada kami, ingatkan kami dan juga ingatkan petugas di lapangan. Itu semangat yang kita ingin bangun," katanya saat membuka Rembuk Komunitas Ayo Gotong Royong Awasi Pilgubsu 2018 di Garuda Plaza Hotel, Medan, Senin (22/5/2017).

Sementara itu, anggota Bawaslu Sumut Aulia Andri menjelaskan, keterlibatan seluruh komunitas masyarakat tersebut menjadi salah satu penentu keberhasilan pengawasan Pilgubsu 2018. Namun dengan keterlibatan bersama dalam bentuk gotongroyong, maka mereka yakin berbagai kekurangan mereka dalam melakukan pengawasan seperti kekurangan personel maupun keterbatasan dalam menjangkau seluruh lokasi di Sumut akan teratasi.

"Sumut ini sangat luas, dengan demikian pengawasan dari masyarakat itu sendirilah yang akan sangat membantu kinerja kami sebagai badan yang dibentuk untuk melakukan pengawasan. Seluruh komunitas memiliki peran penting dalam pengawasan ini," ujarnya.