MEDAN-Wakil Ketua Umum Aliansi Media Cyber Indonesia (AMCI), Haslan Tambunan mengatakan, pihaknya sudah mengimbau seluruh anggota bahkan masyarakat pengguna internet untuk mengantisipasi terkenanya virus Malware Ransomeware jenis Wanna Cry.

"Diharapkan kepada seluruh pengguna teknologi informasi untuk secara cepat melakukan update system, apabila telah tersedia karena update semacam ini walaupun terkesan meletihkan, namun dapat menyelamatkan dari serangan-serangan cyber," katanya.

Ia pun menyatakan, agar selalu berhati-hati untuk menggunakan link di internet. Sebab, virus ini dapat masuk ke segala lini, email bahkan media sosial.

"Ya harus diantisipasi, pengguna interntet harus berhati-hati menggunakan link di internet, email atau media sosial yang tidak dikenali karena dikhawatirkan menjadi media penyebaran ransomware," pungkasnya.

Adapun jenis Ransomware yang saat ini sedang mewabah adalah WannaCrypt0r 2.0 ransomware, yang memanfaatkan kelemahan security pada Sistem Operasi Microsoft, yang mana Microsoft telah menyediakan Security Update Patch untuk menanganinya pada beberapa saat yang lalu.